Anjing yang diperdagangkan di Pasar Beriman Tomohon.
Anjing yang diperdagangkan di Pasar Beriman Tomohon.

Harold: Konsumsi Daging Anjing, Manusia Berpotensi Terkena Rabies

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Tomohon, Harold Viktor Lolowang mengatakn masyarakat harus tahu bahwa ada bahaya mengkonsumsi daging anjing yang dibawa dari luar Kota Tomohon, seperti Provinsi Gorontalo, Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sulawesi Selatan (Sulsel) dan daerah sekitarnya.

“Konsumsi dagang anjing berpotensi menyebabkan penyakit rabies pada manusia dan hewan,” tegas Harold pada rapat bersama Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Pasar Tomohon, Noldy H Montolalu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Tomohon, Syske Wongkar di ruang kerja Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Tomohon, Steven Waworuntu, Jumat 20 September 2019.

Rapat yang diselenggarakan untuk meminimalisasi perdagangan dan konsumsi daging hewan penular rabies, yaitu anjing, kucing dan monyet.

Daging-daging anjing ini, menurut Harold, sebelum dibawa ke Pasar Tomohon untuk diperdagangkan, 90 persen sudah mati dan ditaruh es untuk diawetkan dalam perjalanan beberap hari ke Tomohon.

“Jadi proses pembusukan telah terjadi, sehingga mengandung banyak bakteri yang tentu sangat tidak baik untuk kesehatan alias rentan penyakit utamanya rabies. Hanya sekitar 10 persen anjing dalam keadaan hidup. Tapi kesehatannya belum tentu terjamin karena bisa saja berpenyakit rabies,” bebernya.

Di musim panas seperti sekarang ini, Harold melanjutkan, hewan-hewan itu lebih rentan penyakit dan tak layak untuk di konsumsi. Ada baiknya masyarakat mengurangi konsumsi daging RW (anjing) atau tidak konsumsi daging hewan penular rabies dari luar Tomohon untuk Kesehatan dan kecintaan pada hewan peliharaan.

Pemerintah Kota Tomohon, berencana membangun pos lalu lintas perdagangan hewan penular rabies yang akan dibiayai oleh AFMI. Tahun ini (2019) akan dibangun di Kelurahan Pangolombian, Kecamatan Tomohon Selatan. Selain di Pangolombian, juga akan rencananya pos ini akan dibangun di Kelurahan Lahendong, Taratara dan Rurukan.

Leave a Reply