Dr Yusuf, Kepala Balitbangtan BPTP Sulawesi Utara.
Dr Yusuf, Kepala Balitbangtan BPTP Sulawesi Utara.

Kepala Balitbangtan BPTP Sulut: Mutasi Hal yang Wajar

MANADO, publikreport.com – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Badan Penerapan Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Utara (Sulut) Ir Yusuf menjelaskan, di era reformasi, khususnya terkait pelaksanaan manajemen perubahan, mutasi dan promosi jabatan adalah suatu hal yang wajar. Harus dimaknai sebagai suatu penugasan dalam rangka memberikan penyegaran dan penempatan Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai kebutuhan organisasi.

Mutasi dalam suatu organisasi, Yusuf menjelaskan, merupakan bentuk rotasi maupun promosi. Sedangkan jabatan merupakan sebuah penghargaan, kepercayaan dan amanah yang harus dilaksanakan sebaik mungkin. Konsekuensinnya tanggung jawab dan integritas yang harus diemban dengan baik.

Pejabat yang dipromosikan dan dilantik, adalah yang telah lulus seleksi melalui serangkaian assessment dengan mempertimbangkan hasil evaluasi kinerja, keihlasan dan loyalitas dalam melaksanakan segala tugas sebelumnya. Untuk itu, hal yang paling penting adalah bagaimana membangun komunikasi secara horizontal dan vertical. Dengan membangun komunikasi yang baik, maka untuk mencapai tujuan organisasi, kita tidak akan kesulitan,” pesan Yusuf pada serah terima jabatan (sertijab) Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Tata Usaha (TU) Balitbangtan BPTP Sulut dari pejabat lama, Ir Hartin Kasim kepada Jany HHA Sumampow Spi, Kamis 26 September 2019.

Sebelumnya pada Jumat 20 September 2019, telah dilaksanakan pelantikan pejabat struktural eselon III dan IV untuk mengisi kekosongan, karena ada yang pensiun dan ada yang ke jabatan fungsional serta ada yang dimutasi.

Pelantikan itu, Yusuf menjelaskan, dimaksudkan untuk menghindari potensi stagnasi dan kesenjangan oprasional dalam pelaksanaan tugas dan pelayanan publik. Pengembangan karier pegawai tidak semata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan umum.

Leave a Reply