SMP Kristen Tanawangko. (foto: publikreport.com)
SMP Kristen Tanawangko. (foto: publikreport.com)

SMP Kristen Tanawangko Terancam Kehabisan Siswa

PENDIDIKAN

TONDANO, publikreport.com – Alumni Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen Tanawangko, Jane Makapitu mengungkapkan, lima tahun lalu, siswa yang melamar di SMP Kristen Tanawangko masih pada kisaran angka 30-45 Peserta Didik Baru (PDB). Tapi tahun lalu, tinggal 12 orang.

Tidak lama lagi sekolah ini akan kehabisan pelamar,” ungkap Jane.

Sejumlah warga Desa Borgo, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa juga mengungkapkan hal serupa.

Mantan guru di SMP Kristen Tanawangko, berinisial SJ juga mengakui dari tahun ke tahun jumlah siswa di sekolah itu terus menurun.

Banyak masalah disana, termasuk keberadaan dan kualitas kepala sekolah (kepsek) yang ditunjuk oleh yayasan,” ungkap SJ, Kamis 26 September 2019.

Penasaran, jurnalis publikreport.com kemudian menyambangi sekolah yang berada tepat di depan Gereja GMIM (Gereja Masehi Injili di Minahasa) Syaloom Tanawangko dan bertemu serta mewawancarai Kepala SMP Kristen Tanawangko, Juria T SPd.

Siswa Kelas VII saat ini berjumlah 11 orang, dan siswa Kelas VIII berjumlah 17 orang,” jelasnya.

Berapa jumlah siswa di Kelas IX, Juria terkesan enggan membeberkannya. Justru wartawan dimintanya harus ada surat khusus untuk meliput di sekolah itu.

Maaf, kami diinstruksikan untuk meminta dahulu surat tugas khusus untuk meliput disekolah ini, baru kami bisa diwawancara lebih,” katanya.

BACA JUGA: Kasus UKIT dan Wibawa GMIM

Leave a Reply