Salah satu rumah yang rusak di Ambon, Maluku akibat gempa yang terjadi Kamis 26 September 2019, sektiar pukul 21.53 WIT.
Salah satu rumah yang rusak di Ambon, Maluku akibat gempa yang terjadi Kamis 26 September 2019, sektiar pukul 21.53 WIT.

Gempa Ambon, 23 Orang Meninggal

JAKARTA, publikreport.com – Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku tercatat 23 orang meninggal dunia dan lebih dari 100 orang luka-luka dan ribuan warga mengungsi karena gempa bumi dengan kekuatan 6,5 Skala Richter (SR), yang mengguncang Ambon, Maluku, Kamis 26 September 2019, sekitar pukul 21.53 WIT. Selain itu, ratusan rumah dan sejumlah infrastruktur publik mengalami kerusakan.

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) usai melaksanakan salat Jumat 27 September 2019 di Masjid Baiturrahman, komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, kepada wartawan mengatakan, telah memerintahkan Kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI (Tentara Nasional Indonesia), Polri (Kepolisian Negara Republik Indonesia), dan Menteri Sosial (Mensos) untuk bergerak ke lapangan di tempat terjadinya gempa, untuk membantu saudara-saudara yang ada di Ambon.

Bantuan juga sudah saya perintahkan segera dikirimkan. Bantuan berupa makanan, pakaian, dan obat-obatan juga sudah mulai dikirimkan,” ungkapnya.

Kepada Mensos, Jokowi meminta untuk memberikan santunan. Sementara untuk korban yang luka-luka perawatannya akan ditanggung oleh pemerintah.

Terkait kerusakan fisik akibat gempa ini, Jokowi mengatakan, masih dilakukan pendataan secara detail. Tapi berdasarkan laporan terakhir yang diterimanya kemarin, kira-kira 100-an lebih sedikit yang rusak.

Mohon doa dari seluruh Tanah Air untuk keselamatan saudara-saudara kita di lokasi bencana,” ucapnya. | DORANG

Leave a Reply