Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Rabu 02 Oktober 2019, menggelar Group Discussion (FGD) bertempat Griya Sintesa Peninsula Manado.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Rabu 02 Oktober 2019, menggelar Group Discussion (FGD) bertempat Griya Sintesa Peninsula Manado.

Pemilu 2019 Masih Ada Pelanggaran Diharapkan Pilkada 2020 Berjalan Lancar

POLITIK

AIRMADIDI, publikreport.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Ardilles Mewoh berharap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang tidak ada halangan dan bisa berjalan lancar.

Evaluasi sangat penting agar KPU bisa bekerja lewat aturan yang berlaku,” kata Ardilles pada Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan KPU Kabupaten Minahasa Utara (Minut) di Griya Sintesa Peninsula Manado, Rabu 02 Oktober 2019, dengan topik ‘menanti harapan dari hasil proses Pemilu dan menatap proses Pilkada yang berkualitas’. Sasaran FGD ini adalah masyarakat umum dan warga kampus.

Ardilles memberikan apresiasi kepada KPU Minut yang melaksanakan Pemilu 2019 dengan lancar.

“Kegiatan ini sangat baik karena bisa saling menukar informasi dan juga kritik dan saran dari kaum milenial,” ujarnyaa.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut, Herwyn Malonda mengatakan, dalam pelaksanaan Pemilu 2019 masih banyak ditemui pelanggaran-pelanggaran hingga berujung pada sengketa hukum. Untuk itu, evaluasi ini penting agar pelaksanaan Pilkada mendatang, pelanggaran bisa diminimalisir.

“Evaluasi Pemilu menjadi acuan untuk Pilkada kedepan agar sengketa-sengketa ini tidak kembali terulang,” tegasnya.

Pengamat Politik, Ferry Liando berharp agar para kaum milenial tidak mudah diintimidasi oleh partai politik (parpol) maupun pemerintah dalam menyalurkan hak suaranya. Bahkan diminta agar ASN (Aparatur Sipil Negara) jangan jadi alat kepentingan penguasa daerah dan tim sukses dari calon.

“Pemilih seperti kalian yang masih muda jangan mau diintimidasi dari pemerintah, apalagi yang menerima bantuan subsidi dari pemerintah,” pesannya.

Komisioner KPU Sulut, Yessy Momongan mengharapkan agar Pilkada mendatang tidak ada sengketa. Diminta juga kepada kaum muda tidak muda terpancing maupun menyebarkan berita hoaks.

“Awas berita Hoaks karena pasti akan menyerang KPU di daerah,” tambahnya.

Hadir antaranya, Ketua KPU Kabupaten Minut, Stella Martina Runtu dan komisioner, Darul Halim serta Hendra Samuel Lumantauw. | GLENLY B

Leave a Reply