Ilustrasi.
Ilustrasi.

15 Perbedaan Linux dengan Windows

Sistem operasi adalah bagian yang penting dari sebuah komputer. Tanpa adanya sistem operasi, maka komputer tidak akan dapat digunakan oleh penggunanya dengan baik dan benar sebagaimana yang seharusnya. Sistem operasi menjadi jembatan antara pengguna dengan piranti komputer, agar pengguna dapat melakukan pekerjaan dengan aplikasi-aplikasi tertentu yang dapat dijalankan di dalam sebuah sistem operasi.

Ada dua jenis sistem operasi yang dewasa ini banyak digunakan oleh berbagai pengguna komputer. Dua besaran sistem operasi itu adalah Windows dan juga Linux. Walaupun Linux memiliki berbagai jenis varian, akan tetapi dari segi kernel yang digunakan tetap sama. Sementara itu Windows juga memiliki berbagai jenis Windows dari Windows NT sampai dengan Windows 10 yang paling baru.

Mengetahui perbedaan dua sistem operasi ini akan membantu saat perlu memutuskan menggunakan sistem operasi yang mana di antara kedua sistem operasi tersebut. Misalnya, apabila Anda lebih sering melakukan kegiatan bermain alias ngegame di komputer atau laptop Anda, maka mungkin Windows akan lebih cocok untuk Anda pakai daripada Linux. Sementara apabila Anda ingin menjadikan komputer atau laptop Anda sebagai komputer server maka bisa jadi Linux lebih tepat untuk Anda gunakan.

Jadi, apa saja perbedaan Linux dengan Windows yang perlu diketahui? Berikut ini beberapa perbedaan Linux dengan Windows yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Perbedaan dari segi harga

Windows adalah salah satu sistem operasi yang sangat populer. Di Indonesia sistem operasi bajakan Windows sangat banyak tersebar di berbagai tempat selain karena tersedianya akses mentahan windows di internet, juga banyaknya orang yang melakukan cracking pada sistem aktivasi Windows. Fenomena ini menunjukkan bahwa Windows sejatinya bukan sistem operasi yang gratis alias berbayar. Sementara itu, Linux merupakan sebuah sistem operasi berbasis open source yang gratis. Sejak awal kali menggunakan Linux, kamu tidak perlu membayar apapun.

2. Perbedaan dari segi penampilan

Dari segi tampilan atau antarmuka untuk pengguna, Windows relatif lebih baik bila dibandingkan dengan Linux. Sejak Windows 98, Windwos relatif sudah mampu menghadirkan tampilan antarmuka yang ramah dengan penggunanya serta memanjakan mata kita. Sementara itu, sistem operasi Linux relatif lebih tertinggal bila dibandingkan Windows dari segi tampilan, walaupun saat ini keduanya sudah sama-sama bersaing bagaimana menghadirkan tampilan yang nyaman untuk penggunanya.

3. Perbedaan dari segi keamanan

Oleh karena kepopulerannya serta mekanisme menjalankan aplikasi yang dimiliki oleh Windows, ada banyak virus yang dikembangkan untuk sistem operasi Windows. Sementara itu Linux lebih ‘aman’ karena tidak banyak virus yang dikembangkan, dan juga model menjalankan aplikasi di Linux yang berbeda bila dibandingkan dengan Windows.

Leave a Reply