Ilustrasi.
Ilustrasi.

15 Perbedaan Linux dengan Windows

4. Perbedaan dari segi ketersediaan perangkat lunak yang bisa dipakai

Pada Windows, relatif ada banyak sekali aplikasi atau software yang bisa dipakai, baik aplikasi perkantoran, aplikasi multimedia, ataupun aplikasi permainan. Banyaknya aplikasi tersebut karena tentun saja developer banyak yang tertarik untuk mengembangkan aplikasi di sistem operasi Windows yang notabene lebih banyak penggunanya bila dibandingkan dengan Linux (secara umumnya). Permainan-permainan yang membutuhkan grafis tinggi dan sejenisnya, tersedia dengan melimpah di Windows, sementara pada Linux hal itu sangat jarang ditemui. Walaupun demikian, oleh karena sifatnya yang open source dan gratis, bukan tidak mungkin ke depannya ada banyak permainan yang dibuat dan dijalankan dengan sistem Linux dan bisa menyaingi permainan di Windows.

5. Perbedaan dari segi penggunaan sistem operasi

Sistem operasi Windows lebih banyak digunakan pada komputer-komputer yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan kantoran. Mengetik, membuat presentasi, dan sejenisnya. Mahasiswa atau siswa juga mungkin membutuhkan dan lebih sering menggunakan sistem operasi ini untuk penggunaan sehari-hari. Aplikasi multimedia yang banyak juga menyebabkan designer grafis lebih banyak menggunakan Windows. Sementara itu, karena sifat keamanan yang dimilikinya, Linux cenderung lebih banyak dipakai sebagai sistem operasi yang digunakan pada domain-domain yang membutuhkan keamanan tinggi, seperti komputer server, administrasi LAN kantor, layanan web proxy, layanan SSH, dan lain sebagainya.

6. Perbedaan dari segi pengembangan kode

Windows adalah salah satu sistem operasi yang bersifat sistem operasi tertutup. Hal itu berarti pengembangan sistem operasi ini hanya bisa dilakukan oleh pekerja-pekerja atau pabrik Windows itu sendiri yaitu Microsoft. Sementara sistem operasi Linux adalah sistem operasi yang bersifat berkode terbuka alias open source. Hal itu berarti siapa saja dapat mengembangkan sistem operasi ini. Siapapun bisa mendownload source code yang dimiliki oleh program ini lalu mengembangkannya sesuai dengan keinginannya. Tentunya bekerja dengan banyak orang untuk mengembangkan suatu sistem operasi lebih mudah dilakukan bila dibandingkan mengerjakan sendirian. Sistem operasi yang dikembangkan oleh banyak orang itulah yang kemudian disebut dengan distro Linux.

7. Perbedaan dari segi dukungan piranti keras

Sistem operasi dapat berjalan dengan maksimal apabila terdapat driver yang sesuai dengan piranti keras yang terpasang pada komputer. Pada sistem operasi Linux, driver yang tersedia untuk berbagai macam hardware relatif lebih sedikit dan bisa pula susah untuk dicari, walaupun piranti keras tersebut masih bisa digunakan karena adanya driver lain yang mungkin masih dapat memfungsikan piranti keras tersebut pada beberapa hal tertentu. Sementara pada Windows, driver cenderung tersedia bahkan senantiasa diperbaharui oleh pabrikan penghasil piranti keras itu sendiri. Sehingga performa driver pada sistem operasi Windows bisa jadi lebih unggul bila dibandingkan pada Linux, khusus pada piranti keras yang tidak tersedia driver terbarunya untuk Linux.

Leave a Reply