Hukum Tua Desa Talawaan Bantik, James Benyah didampingi Ketua BPD (Badan Pemberdayaan Desa) Talawan Bantik, Fredi Kano.
Hukum Tua Desa Talawaan Bantik, James Benyah didampingi Ketua BPD (Badan Pemberdayaan Desa) Talawan Bantik, Fredi Kano.

Dandes Tahap III, Ini Prioritas Desa Talawaan Bantik

AIRMADIDI, publikreport.com – Penggunaan Dana Desa (Dandes) Tahap III tahun ini, Pemerintah Desa Talawaan Bantik, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawes Utara (Sulut), memprioritaskan pada dua program utama pemberdayaan masyarakat, yakni kesehatan dan pendidikan.

Sesuai petunjuk dari kementerian, 30 persen dari Dandes wajib untuk pendidikan dan kesehatan,” kata Hukum Tua (Kumtua) Desa Talawaan Bantik, James Benyah kepada wartawan, Kamis 10 Oktober 2019.

Tahun 2019 ini, James mengungkapkan, Desa Talawaan Bantik mendapatkan alokasi Dandes total sebesar Rp835 juta. Tahap ketiga in akan disalurkan Rp40 persen dari total itu.

“Pada realisasi Dandes tahap I dan II, belum ada penyaluran anggaran untuk pendidikan dan kesehatan. Tapi pada tahap ketiga, ada anggaran untuk itu. Anggaran tersebut untuk pembelian alat kelengkapan sekolah bagi siswa kurang mampu serta asupan gizi bagi balita (bawah lima tahun) serta lansia (lanjut usia),” jelas James yang didampingi Ketua BPD (Badan Pemberdayaan Desa) Talawan Bantik, Fredi Kano.

BACA JUGA: Jika Dandes Tahap III Cair, Ini yang Akan Dibuat Kumtua Desa Werot

BACA JUGA: 80 Desa di Minut Belum Masukkan LPj Dandes

Untuk pencairan Dandes Tahap III ini, James menambahkan, laporan pertanggungjawaban (LPj) tahap I tahun 2019 sudah dimasukkannya.

“Tinggal LPj tahap II yang belum kami masukkan dan sementara dibuat. Tahap ketiga ini nantinya untuk penyelesaian empat titik bor air dan lampu jalan,” tambahnya. | GLENLY B

Leave a Reply