Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, melakukan penanaman pohon di kompleks Kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta.
Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, melakukan penanaman pohon di kompleks Kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta.

Dana Pelestarian Lingkungan Hidup Bertambah

Oleh karena itu, Sri Mulyani melanjutkan, Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) diharapkan dapat mengedepankan pengelolaan dana yang akuntabel dengan tata kelola berstandar internasional, sehingga BPDLH dapat menjadi sebuah solusi bagi negara-negara maju untuk memberikan pendanaan.

Kami dari Kementerian Keuangan siap mendukung pelaksanaan BPDLH dengan tata kelola yang baik dan efisiensi yang maksimal. Karena manusia tanpa alam adalah kemuskilan,” ujarnya.

BACA JUGA: Maraknya Pariwisata di Sulut, Bagaimana Menjaga Lingkungan?

Diketahui, pemerintah telah meluncurkan BPDLH sebagai perwujudan amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 tahun 2017 tentang Instrumen ekonomi Lingkungan Hidup dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 77 tahun 2018 tentang Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup.

BPDLH akan menjadi pengelola dana-dana terkait bidang kehutanan, energi dan sumber daya mineral, perdagangan karbon, jasa lingkungan, industri, transportasi, pertanian, kelautan dan perikanan, dan bidang lainnya terkait lingkungan hidup. Sebelumnya, anggaran tersebut tersebar di beberapa kementerian dan lembaga dengan beragam program yang tersebar pula di beberapa kementerian dan lembaga yang berbeda. | DORANG

Leave a Reply