Ilustrasi.
Ilustrasi.

BPDLH Kelola Pembiayaan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) merupakan Badan Layanan Umum (BLU) dirancang untuk pembiayaan di bidang lingkungan hidup. Badan ini diharapkan dapat memastikan keberlangsungan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

BPDLH ini dibentuk pada 09 Oktober 2019 dan dijadualkan beroperasi mulai 01 Januari 2020. Badan yang di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini melibatkan berbagai kementerian, lembaga lintas sektor untuk dimanfaatkan seluruh lapisan masyarakat.

Badan ini diarahkan dapat menerapkan prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dananya, serta memiliki standar tata kelola internasional,” kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Darmin Nasution.

BACA JUGA: Dana Pelestarian Lingkungan Hidup Bertambah

Pembangunan, menurut Darmin, senantiasa menampilkan dua sisi yang saling berlainan, pertumbuhan ekonomi dan kualitas lingkungan hidup. Namun keduanya perlu berjalan beriringan dalam koridor yang disepakati sebagai pembangunan berkelanjutan. Selama ini, pemerintah telah mengelola berbagai sumber pendanaan yang mendukung pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup, baik yang bersumber dari dana dalam negeri maupun luar negeri. Namun, dukungan pendanaan yang ada belum secara optimal mencapai target yang diharapkan.

BPDLH ini dibentuk merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2017 tentang Instrumen Ekonomi Lingkungan Hidup dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor: 77 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup.

BACA JUGA: Soal Sampah di Rurukan, Warga Nilai Pemerintah Tidak Serius

Leave a Reply