Farrand Buyung Papendang saat menjuarai kejuaraan tinju di Ukraina.
Farrand Buyung Papendang saat menjuarai kejuaraan tinju di Ukraina.

Petinju Sangihe Juara di Ukraina

OLAHRAGA

TAHUNA, publikreport.com – Farrand Buyung Papendng mengharumkan nama Indonesia dan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Putera asli Sangihe ini menjuarai kejuaraan tinju di Ukraina baru-baru ini.

Farrand tak hanya membawa harum nama Indonesia. Dia juga menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan telah menjadi motivator bagi para petinju muda Sangihe untuk berprestasi,” kata mantan Pelatih Tinju Farrand saat masih bergabung di Sasana Gelora Tahuna, Wonderman Humamping.

Farrand bakal bersinar di dunia olahraga tinju, menurut Wonderman, sudah terlihat sejak masih bergabung di Sasana Gelora Tahuna.

Ia (Farrand) dilatih sejak masih duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), lalu pada Kelas II Sekolah Menengah Atas (SMA) pindah ke Manado. Farrand adalah atlit (petinju) yang mau berlatih keras dan memiliki motivasi serta rendah hati,” jelasnya.

BACA JUGA: Toar Sompotan Lolos ke PON Papua 2020

Karena tidak sombong, Wonderman melanjutkan, tidak heran Farrand kemudian bisa berkiprah hingga ke level international.

Diketahui, Farrand Buyung Papendang adalah anak dari mantan atlit atletik (pelari) Sangihe, Ruben Papendang.

Gudang petinju

Menyebut bukankah Kabupaten Kepulauan Sangihe dikenal sebagai gudang petinju di Sulut? Wonderman mengakuinya. Agar prestasi terus terukir, kawan akrab petinju Sulut, Adrianus Taroreh ini mengatakan, perlu pola pembinaan yang teratur. Termasuk pelaksanaan pertandingan harus terfokus dulu pada kejuaraan lokal.

Kalau mau memajukan petinju muda, kita jangan dulu mengundang petinju Manado, Bitung atau luar daerah, ketika hendak menggelar kejuaraan di Sangihe. Karena itu akan mempengaruhi mental petinju muda kita ketika berhadapan dengan petinju luar daerah. Kita fokus dulu pertandingan dua sampai tiga kali untuk kalangan petinju lokal, agar anak-anak kita yang masih baru dapat menyesuaikan dan mempersiapkan mental mereka,” bebernya.  | VEBE

Leave a Reply