Sadrak Tairas, Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Minut.
Sadrak Tairas, Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Minut.

Ratusan Koperasi di Minut Tak Aktif Lagi

AIRMADIDI, publikreport.com – Dari data yang ada di Dinas Tenaga Kerja (Dinaker) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) tercatat ada 386 koperasi di kabupaten itu. Namun, 207 diantaranya telah dibubarkan kementerian karena sudah tidak aktif lagi. Sehingga data per akhir September 2019, tinggal 179 koperasi yang aktif.

Tinggal 179 koperasi yang aktif. Koperasi yang aktif ini paling banyak bergerak di bidang serba usaha,”kata Kepala Dinaker Kabupaten Minut, Sadrak Tairas kepada wartawan, Kamis 17 Oktober 2019, seraya mengatakan, dari sekian banyak koperasi yang aktif yang sudah memasukkan laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) baru 13 koperasi.

Koperasi yang tidak aktif, menurut Sadrak, diharapkannya bangkit kembali. Selaku instansi terkait, pihaknya mengaku terus berupaya mengoptimalkannya. Sebagb sejak 2017 hingga sekarang, tidak ada lagi penambahan, pendaftaran koperasi baru.

BACA JUGA: Ratusan Koperasi di Minut Dapat Peringatan Keras

BACA JUGA: DPO Penggelapan Uang Koperasi Diringkus Tim Resmob

“Kebanyakan koperasi ini berdiri jika ada bantuan dari pemerintah. Seharusnya itu tidak perlu mengandalkan bantuan jika ingin berusaha,” ungkap Sadrak yang didampingi Kepala Bidang Koperasi Dinaker Kabupaten Minut, Jetty Dumanauw. | GLENLY B

Leave a Reply