Kardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmojo memberikan pesan-pesan di Mapolda Sulut, Selasa 22 Oktober 2019.
Kardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmojo memberikan pesan-pesan di Mapolda Sulut, Selasa 22 Oktober 2019.

Di Mapolda Sulut, Ini Kata Kardinal Ignatius Suharyo

MANADO, publikreport.com – Selasa 22 Oktober 2019, siang, Kardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmojo menyambangi Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Sulawesi Utara (Sulut). Di depan jajaran kepolisian, Kardinal Ignatius memperkenalkan dirinya.

Tanggal 01 September lalu, saya ditunjuk oleh Paus Fransiskus menjadi Kardinal, dan dilantik pada 05 Oktober lalu,” ucapnya.

Kardinal, menurut Ignatius merupakan suatu gelar kehormatan dan mengulas tugas-tugas kardinal dan sejarah keuskupan TNI Polri di Indonesia. Kalau memimpin suatu wilayah gereja Katolik itu namanya Uskup. Jadi Kardinal itu tidak ada kaitannya dengan kepemimpinan wilayah (gereja Katolik).

Kepada seluruh personil jajaran Polda Sulut, Ignatius berpesan agar merawat dan mengembangkan rasa cinta tanah air.

Kita semua mempunyai warisan yang sangat mulia dan sangat berharga yaitu rasa cinta tanah air. Mari kita rawat dan kita kembangkan. TNI/Polri mempunyai tugas yang sangat mulia meskipun tidak ringan,” jelasnya.

Kalau Polri dan TNI kompak, Ignatius mengatakan, negara tentunya aman.

Kalau kita mengingat sejarah sejak kemerdekaan, negara kita ini tidak lepas dari berbagai permasalahan, tetapi selalu bisa diatasi,” ujarnya.

Kesulitan apapun yang sekarang ini dihadapi oleh bangsa, Ignatius yakin akan dapat diatasi. Asalkan yang bertanggungjawab mengambil tanggungjawab profesional untuk menjaga dan merawat bangsa. Polri/TNI, menjalankan tugas tanggungjawabnya sebaik-baiknya.

Diketahui Kardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo, juga mengemban tugas sebagai Uskup Umat Katolik di lingkungan TNI/Polri.

BACA JUGA: Kardinal Ignasius Suharyo Tiba di Manado

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulut, Inspektur Jenderal (Irjen) Remigius Sigid Tri Hardjanto menyatakan sangat bersyukur dan bangga atas kunjungan kardinal ini.

BACA JUGA: Diangkat Jadi Kardinal, Mgr Ignatius: Cita-cita Saya Jadi Pastor Paroki

Melalui pertemuan ini, kita bisa lebih mengenal bapa kardinal, sekaligus melepas kerinduan kita dengan beliau. Dan semoga kehadiran bapa kardinal bisa memberikan pencerahan bagi kita semua,” ujarnya.

Saya pribadi sangat senang sekali membaca buku-buku hasil karya beliau, salah satunya The Catholic Way,” ungkapnya. | ALFIAN TEDDY

Leave a Reply