Audy Sambul, Kepala Dinpar Kabupaten Minut.
Audy Sambul, Kepala Dinpar Kabupaten Minut.

Festival Buah Minut Diagendakan 2020

AIRMADIDI, publikreport.com – Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) mengagendakan akan menggelar Festival Buah pada 2020 mendatang. Festival Buah ini dirancang dan diyakini akan bersaing dengan festival lainnya di Sulawesi Utara (Sulut), seperti Festival Pesona Bunaken, Festival Selat Lembeh, Tomohon International Flower Festival (TIFF) dan Festival Danau Tondano.

Bulan Februari atau Maret 2020 sudah musim buah di Minut. Sehingga sangat cocok dibuat Festival Buah,” kata Kepala Dinpar Kabupaten Minut, Audy Sambul kepada wartawan, Rabu 23 Oktober 2019.

Festival Buah ini, menurut Audy akan dibuat semenarik mungkin. Sehingga Pemerintah Kabupaten Minut akan mengajukan proposal ke Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk mendapatkan dukungan iven pariwisata. Menyangkut anggaran tidak hanya mengandalkan dari pusat, tapi pemerintah daerah juga akn mengalokasikannya.

Dilaksanakan dengan meriah seperti festival lainnya di Sulut. Tentunya membutuhkan anggaran yang besar,” ujarnya.

Sebelum kegiatan dilaksanakan, Audy mengatakan, pemerintah daerah akan melakukan kegiatan promosi di daerah Sulut hingga luar daerah. Sebab, dalam kegiatan ini juga akan diundang pemerintah kabupaten/kota lainnya.

BACA JUGA: Minut Pertahankan Kabupaten Buah

BACA JUGA: Belum Ada Festival Sayur-mayur

“Launching tetap akan dilakukan di Minut. Tapi perkenalan atau road show Festival Buah ini sampai ke Bali dan Jakarta. Jika festival ini sudah dilaksanakan sebanyak tiga kali, maka otomatis masuk dalam agenda tahunan dari Kemenpar,” jelasnya.

Menyentil apakah Festival Klabat akan dilaksanakan tahun ini? Audy menyatakan, Festival Klabat akan dilaksanakan pada akhir tahun 2020.

Jadi tahun depan akan ada dua acara festival yakni Festival Buah dan Festival Klabat atau kata lain Festival Tamporok,” tambahnya. | GLENLY B

Leave a Reply