Akbar Akili, Manajer Keuangan, SDM dan Administrasi PT PLN (Persero) Area Tahuna.
Akbar Akili, Manajer Keuangan, SDM dan Administrasi PT PLN (Persero) Area Tahuna.

PLTS Segera Dibangun di Sangihe

TAHUNA, publikreport.com – Manajer Keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Administrasi PT Perusahaan Listri Negara (PLN) Area Tahuna, Akbar Akili mengungkapkan, di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan segera dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). PLTS yang akan dibangun ini berdaya 1,5 MW (mega watt). Saat ini tinggal kesepakatan pembebasan lahan antara warga pemilik lahan dan PT PLN (Persero).

PLTS akan dibangun di wilayah Kelurahan Santiago, Kecamatan Tahuna,” ungkap Akbar.

Untuk membangun PLTS ini, Akbar mengatakan, pihaknya sudah mengundang para pemilik tanah, sekaligus mensosialisasikan rencana kegiatan untuk pembebasan lahan.

Tinggal tunggu kesepakatan. Sepakat langsung dibayar dan tahun depan kita bangun,” ujarnya.

Selain PLTS, Akbar mengungkapkan, dalam waktu yang tidak terlalu lama, PT PLN juga akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) berkekuatan 6 MW di Kampung Naha, Kecamatan Tabukan Utara.

Rencana pembangunan PLTG ini sudah berkali-kali dilakukan surveyi oleh tim dari Kantor Pusat PT PLN. Tinggal mununggu keputusan pusat, karena setelah itu ditindak lanjuti langsung kegiatannya ” bebernya.

Kepada kontraktor dan investor, Akbar menyatakan tak usah ragu berinvestasi dan takut berekspansi ke Sangihe. Alasannya, daya listrik sudah teratasi. Apalagi jika PLTS sudah berfungsi dan disusul PLTG di Naha.

Kontraktor maupun investor jangan takut datang ke Sangihe membuka usaha,” ucapnya. | VEBE

Leave a Reply