Ilustrasi lantai rumah. (sumber: pinterest.com/planete-déco.fr)
Ilustrasi lantai rumah. (sumber: pinterest.com/planete-déco.fr)

Mempercantik Lantai Kayu Rumah Anda

Penggunaan kayu untuk lantai rumah dapat memberikan statement tersendiri untuk dekorasi rumah Anda. Lantai kayu sangat mudah dirawat dan lantai kayu yang sudah terpasang selama beberapa tahun jarang sekali bengkok atau rusak, dengan catatan Anda merawatnya dengan baik dan benar.

Lantai kayu juga merupakan sebuah pilihan yang praktis, Anda hanya perlu mengepel dan menyedot debu yang ada di atasnya untuk membuatnya tetap terawat dan terlihat bersih.

Ada beberapa cara untuk mempercantik lantai kayu di rumah Anda. Berikut adalah yang paling sering digunakan.

Gunakan sabun khusus untuk mendapatkan lantai kayu gaya Scandinavian.

Dapatkan hasil putih pada lantai kayu dengan menggunakan tips gaya Scandinavian dan penggunaan sabun khusus untuk lantai kayu Anda. Anda dapat menggunakan larutan alkali khusus pada lantai kayu yang sudah diamplas untuk mencerahkan warna kayu dan menghilangkan warna gelap. Setelah itu, gunakan sabun kayu berwarna putih yang akan melindungi lantai kayu agar warnanya tidak cepat pudar. Rawat lantai kayu dengan mengaplikasikan kembali sabun berwarna putih.

Cat putih lantai Anda.

Lantai kayu yang dicat putih sangat tepat digunakan untuk rumah yang memerlukan pencahayaan atau pencerahaan yang lebih. Lantai putih akan menghasilkan gaya kontemporer kepada rumah kuno dengan kondisi lantai kayu yang sudah tua dan usang. Warna lantai putih juga banyak digunakan sebagai warna cat rumah minimalis. Gunakan cat khusus untuk lantai kayu agar Anda terhindar dari lantai yang licin. Jangan lupa untuk mengepel lantai kayu setiap minggu dan jangan ragu untuk mengecat ulang lantai Anda jika Anda merasa terganggu dengan goresan yang muncul pada lantai.

Pilih warna abu-abu yang elegan.

Jika warna hitam mungkin terlalu gelap dan warna putih terasa terlalu terang, cobalah untuk mengecat lantai kayu Anda dengan warna netral seperti abu-abu atau biru pucat. Warna abu-abu pada lantai dapat dipasangkan dengan warna pastel pada tembok untuk menambah statement pada ruangan.

Pertimbangkan untuk mempernis lantai kayu.

Agar lantai kayu Anda lebih awet dan memiliki hasil yang mulus, cobalah untuk mempernis lantai kayu Anda. Sebagian besar pernis mengandung polyurethane, yang dapat melapisi kayu agar tahan air dan melapisinya seperti plastik. Hasil yang didapat dapat beragam mulai dari glossy sampai matte. Kekurangan dari hasil pernis adalah ketika permukaan rusak karena sudah terlalu lama dipakai atau terkena gesekan dari furnitur lain, akan sangat sulit untuk diperbaiki. Satu-satunya jalan keluar adalah dengan mengamplas seluruh ruangan dan mempernis ulang.

Leave a Reply