Logo IKKON Bekraf.
Logo IKKON Bekraf.

Tim IKKON Bekraf Gandeng Pelaku Seni Lokal Tomohon

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Beberapa pelaku seni/perajin lokal di Kota Tomohon dilibatkan Tim IKKON (Inovatif Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara) Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dalam pengembangan dan persiapan pameran dan pertunjukan bertajuk ‘I Yayat U Santi’: The Story of Minahasa’s Highland Warrior’ yang akan digelar 02 November 2019 di Amphitheatre Woloan, Kecamatan Tomohon Barat, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Seniman, perajin lokal Tomohon yang digandeng Tim IKKON Bekraf, yakni Happy Salea (perajin bambu di Kinilow), Erick Sumakud (perajin rumah kayu Woloan), Steven Sumual (perajin kulit kayu), Daniel Langitan (penjahit di Wailan), Nando Sylvester (produser) dan Sanggar Roemamti Ezer Motet (paduan suara).

Selain pertunjukan dan pameran karya, pagelaran nantinya juga akan menampilkan beberapa grub musik dari Tomohon, seperti Young Minahasa, Rumah Kayu, dan duet Nando Sylvester ft Wulan Pusung dan Melky Kandey.

14 Hari Tim Bekraf Akan Eksplorer Tomohon

I Yayat U Santi: The Story of Minahasa’s Highland Warrior’, menurut Sutradara dan Koreografer IKKON Bekraf, Otniel Tasman, merupakan hasil pembacaan ulang dari legenda Waraney Minahasa kuno. Mereka adalah para pejuang gunung yang bertugas melindungi suku dari segala ancaman. Pertunjukan tiga babak ini menggabungkan seni tari, paduan suara dan film dalam nuansa etnik-magis dengan pendekatan kontemporer. Interpretasi terhadap karakter Waraney dalam tari Kawasaran dan nyanyian paduan suara gereja akan jadi simbol negosiasi budaya yang terjadi hari ini.

Tourism Information Center Harus Tampilkan Ciri Khas Budaya Daerah Setempat

Pertunjukan ini melibatkan penari muda dan kelompok paduan suara Sanggar Roemamti Ezer Motet (REM) serta komunitas film di Tomohon.

“Lewat suguhan ini, kami mencoba menampilkan budaya Minahasa dalam bentuk kontemporer. Semoga ke depan, bisa membawa budaya Minahasa ke kancah dunia,” kata Otniel Tasman, seraya mengatakan, juga nantinya akan ada bincang karya oleh Tim IKKON dan perajin lokal yang akan memaparkan proses kreatif dan program IKKON secara keseluruhan.

Program IKKON, Bekraf Pilih Tomohon dan 4 Daerah lainnya

Leave a Reply