KM Sabuk Nusantara 109.
KM Sabuk Nusantara 109.

Sangihe ‘Dapat’ Kapal Perintis Baru

TAHUNA, publikreport.com – Kepala Kantor Unit Pelayanan Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna, Mocodompis Muhaling mengatakan, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2019 ini mendapatkan tambahan kapal perintis baru dari pemerintah pusat, yakni Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 109. Kehadiran KM Sabuk Nusantara 109 ini, menurutnya, untuk membantu kelancaran arus transportasi laut yang menghubungkan pulau yang satu dengan pulau lainnya, termasuk pulau terluar Marore, Matutuang dan Kawio.

Selama ini ada beberapa kapal perintis yang rutin melayani pelayaran antar pulau. Namun masih dibutuhkan tambahan armada untuk lebih menjamin kelancaran transportasi di wilayah perbatasan Indonesia-Filipina. KM Sabuk Nusantara 109, kapal baru yang akan membantu pelayaran antar pulau di Sangihe. Kapal ini sejenis dengan kapal perintis lainnya yang telah terlebih dahulu melayari rute perbatasan,” jelas Mocodompis.

Karena masih kapal baru, Mocodompis mengatakan, tentunya akan membutuhkan perwira maupun anak buah kapal (ABK) untuk mengoperasikan kapal. Oleh karena itu, dirinya mengajak serta menjamin putera daerah yang memiliki kompetensi dibidang perkapalan memiliki peluang untuk dapat masuk dalam manajemen kapal.

Untuk saat ini hanya ada enam orang yang jadi kru KM Sabuk Nusantara 109. Itu pun semua berasal dari Pulau Jawa. Sementara ada sekitar 20-an orang yang dibutuhkan untuk manajemen kapal. Jadi sangat terbuka peluang bagi putera daerah yang memiliki kompetensi dengan bidang perkapalan dapat menjadi ABK maupun Kapten serta perwira kapal,” jelasnya.

Kehadiran KM Nusantara 109, Mocodompis menambahkan, sekaligus sebagai langkah antisipasi peluang lonjakan penumpang ketika menghadapai Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.  | VEBE

Leave a Reply