Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung asrama mahasiswa Sangihe di Tonsaru, Tondano, Senin 08 April 2019.
Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung asrama mahasiswa Sangihe di Tonsaru, Tondano, Senin 08 April 2019.

DAK Kabupaten/Kota se-Sulut, Jabes: Sangihe Terbesar

TAHUNA, publikreport.com – Dari seluruh pemerintah kabupaten dan kota se-Sulawesi Utara (Sulut), Kabupaten Kepulauan Sangihe mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) terbesar. Kucuran DAK didapatkan, menurut Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana tidak melalui lobi ke pusat, melainkan dari hasil kinerja Pemerintah (daerah) Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Tiga tahun terakhir ini kita memperoleh DAK tidak pakai lobi-lobi. Tapi berdasarkan kinerja pemerintah daerah, termasuk berdasarkan capaian-capaian pembangunan yang sudah kita lakukan,” ungkap Jabes pada konferensi pers, Selasa 29 Oktober 2019.

Pola pemerintah pusat yang melakukan pembagian DAK berdasarkan kinerja pemerintah daerah, diapresiasi Jabes. Karena menurutnya dengan demikian, pimpinan daerah maupun pimpinan perangkat daerah tak perlu lagi ke Jakarta untuk melakukan lobi.

Kita sangat bersyukur dengan pola pemerintah pusat seperti ini. Kita di daerah tidak perlu lagi bercokol di Jakarta untuk urus-urus lobi DAK,” katanya.

Meski untuk Tahun Anggaran (TA) 2020 jatah DAK Kabupaten Kepulauan Sangihe mengalami penurunan, namun masih tertinggi di Sulut.

Memang ada penurunan untuk tahun depan, tapi DAK kita tetap masih yang tertinggi di Sulut,” ungkapnya.

TA 2020, Jabes menjelaskan, sangat terbuka peluang bagi Kabupaten Kepulauan Sangihe mendapatkan dana pusat sebesar Rp80 miliar, yakni untuk pembiayaan rawa Towo Kecamatan Tahuna dan rawa Tapuang Kecamatan Tahuna Timur.

Mari kita dukung dengan doa. Semoga program kita untuk tahun depan, yakni penataan rawa Towo dan rawa Tapuang boleh terealisasi,” ujarnya. | VEBE

Leave a Reply