Pulau Mahangetang di Kecamatan Tatoareng, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).
Pulau Mahangetang di Kecamatan Tatoareng, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Memiliki Pesona, Pulau Mahangetang Belum Ada Dermaga

Pulau Mahangetang di Kecamatan Tatoareng, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memiliki pesona wisata bahari yang menakjubkan. Hal ini karena adanya gunung api bawah laut. Sayangnya pulau tersebut belum memiliki infrastruktur transportasi laut, seperti dermaga untuk kapal bersandar.

Saya sendiri heran mengapa Pulau Mahangetang belum ada dermaga. Padahal hampir semua pulau di Sangihe sudah ada fasiltas dermaga. Nanti saya akan usul dan berkoordinasi dengan pihak teknis,” kata Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana pada jumpa pers, Rabu 30 Oktober 2019.

Pulau Mahangetang diakui Jabes sangat strategis karena memiliki potensi wisata bahari yang menjanjikan. Sehingga sangat disayangkan jika pulau yang memiliki pesona wisata bahari itu tidak tersentuh infrastruktur transportasi laut.

Terpisah, Kepala Kantor Unit Penyelenggaraan Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna, Mocodompis Muhaling mengaku menyambut baik rencana Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe membangun dermaga di Pulau Mahangetang. Dirinya memastikan usulan tersebut akan disetujui pemerintah pusat jika nomenklatur pengusulan menggunakan dermaga pariwisata.

Kalau menggunakan nomenklatur dermaga pariwisata itu sangat cepat direspon pusat, apalagi Pulau Mahangetang terkenal dengan spot wisata gunung api bawah laut yang hanya satu di Indonesia,” ujarnya.

Dermaga Mahangetang ketika jadi dibangun, Mocodompis mengatakan, bukan tak mungkin akan disinggahi kapal cepat yang selama ini menyinggahi dermaga lainnya di wilayah Kecamatan Tatoareng, seperti dermaga Pulau Para dan Pulau Kahakitang.

Mungkin proses realisasinya memakan waktu setahun lebih, sebab akan ada tim dari pusat yang nantinya melakukan survey. Tapi pada prinsipnya kami dari KUPP selaku instansi teknis, siap mendukung program Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe,” tegasnya.  | VEBE

Leave a Reply