Ilustrasi desain Skandinavia pada interior rumah.
Ilustrasi desain Skandinavia pada interior rumah.

Pengertian Desain Interior dan Eksterior

Berikut pembahasannya

Banyak sekali topik menarik yang bisa dibahas tentang desain. Ini bisa berhubungan dengan desain interior dan desain eksterior. Desain interior maupun eksterior, keduanya tentu saja memiliki makna yang berbeda. Hal ini bisa Anda ketahui secara umum maupun menurut pendapat para ahli.

Secara umum

Desain interior dan desain eksterior secara umum bisa memberi kemudahan untuk mengetahui maknanya secara global. Hal ini sering kali dijadikan sebagai salah satu rujukan dalam memahami maknanya. Adapun makna dari kedua jenis desain yang berhubungan dengan bangunan seperti di bawah ini:

Pengertian desain interior

Desain interior adalah desain yang mencakup semua unsur yang ada di dalam bangunan seperti ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, dan dapur. Selain itu desain interior juga mencakup penempatan seluruh elemen tersebut, tak terkecuali elemen pendukung dengan contoh seperti furniture.

Pengertian desain eksterior

Berbeda dengan desain interior, desain eksterior mencakup semua unsur yang ada di luar bangunan yang terkena udara, angin dan hujan secara langsung. Misalnya saja seperti teras, halaman, car port, pintu, jendela, gerbang, taman dan cat dinding.

Dari pengertian desain interior dan desain eksterior secara umum di atas, Anda bisa mengetahui, keduanya merupakan desain yang mencakup semua unsur pada bangunan. Salah satu perbedaannya terletak pada fokus desain tersebut. Desain interior berfokus pada bagian dalam bangunan, sementara desain eksterior merujuk pada bagian luar bangunan.

Menurut para ahli

Selain mengenal pengertian desain interior dan desain eksterior secara umum, ada baiknya Anda juga mengetahui definisinya menurut pandangan beberapa ahli. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk mendapat pemahaman secara menyeluruh, serta menemukan apa yang menjadi titik penting dari desain interior dan desain eksterior.

Leave a Reply