Mini lokakarya lintas sektor UPTD Puskesmas Kolongan di Kantor Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis 07 Novembet 2019.
Mini lokakarya lintas sektor UPTD Puskesmas Kolongan di Kantor Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis 07 Novembet 2019.

dr Cicilia: Masalah Kesehatan Tanggung Jawab Bersama

AIRMADIDI, publikreport.com – Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kolongan, dr Cicilia Paat MKes mengatakan, membangun kesehatan, dalam hal ini meningkatkan derajat kesehatan masyarakat bukanlah sepenuhnya dilimpahkan kepada instansi kesehatan saja seperti Puskesmas atau rumah sakit. Tapi juga menjadi tanggung jawab bersama dari semua elemen masyarakat. Sebab kesehatan memiliki keterkaitan langsung pada semua sektor, seperti ekonomi, pendidikan, sosial dan sebagainya.

“Masalah kesehatan sangat kompleks, baik dari sistem penerapannya maupun dari pola hidup masyarakat itu sendiri. Memang unsur gaya hidup masyarakat inilah yang sangat serius disoroti. Sebab akan menjadi percuma jika pemerintah, instansi kesehatan menjalankan sistem dan program kesehatan yang profesional dan bermutu tanpa di imbangi respon dari masyarakat itu sendiri sebagai pelaku dan obyek untuk berprilaku hidup bersih dan sehat, yaitu melalui paradigma sehat,” jelas Cicilia pada mini lokakarya lintas sektor di Kantor Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis 07 Novembet 2019.

Lokakarya ini sangat penting, menurut Cicilia, untuk membangun komitmen, menyatukan misi ditingkat pemangku kepentingan, camat sebagai pemerintah kecamatan, kepala desa sebagai representasi masyarakat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan Puskesmas sebagai instasi kesehatan untuk sama-sama bersinergi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Camat Kalawat, Alexander Warbung mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk diikuti oleh semua elemen masyarakat. Kecamatan Kalawat yang merupakan pintu gerbang Kabupaten Minut dari Manado, permasalahan kesehatan harus diperhatikan.

“Saya berterima kasih kepada UPTD Puskesmas Kalawat yang sudah melaksanakan kegiatan ini. Semoga lokakarya ini bisa memberikan pemahaman yang baik bagi warga,” katanya.

Hadir dalam kegiatan lokakarya ini, antaranya Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Airmadidim Inspektur Satu (Iptu) Stanley Rambing. | GLENLY B

Leave a Reply