Sadrak Tairas, Kepala Dinaker Kabupaten Minut.
Sadrak Tairas, Kepala Dinaker Kabupaten Minut.

Dinaker Minut Berencana Bentuk Dewan Pengupahan

AIRMADIDI, publikreport.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) melalui Dinas Tenaga Kerja (Dinaker) berencana membentuk Dewan Pengupahan. Rencana ini dengan melibatkan unsur-unsur terkait yang telah terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Minut.

“Untuk pembentukan Dewan Pengupahan sementara kami koordinasikan dengan stakeholder terkait,” kata Kepala Dinaker Kabupaten Minut, Sadrak Tairas kepada wartawan, Rabu 13 November 2019.

Dewan Pengupahan ini, Sadrak menargetkan, sudah terbentuk dan dilantik pada akhir November 2019 ini.

“Jika sudah ada Dewan Pengupahan, maka sebelum akhir tahun ini akan ada nilai upah yang diberlakukan untuk tenaga kerja di Minut. Tapi jika tidak sempat ada pelantikan sampai akhir tahun, maka kita akan koordinasi dengan Dinaker Provinsi Sulawesi Utara (Sulut),” jelasnya.

Upah Minimum Provinsi UMP Sulut untuk tahun 2020 telah ditetapkan sebesar Rp3.310.723, atau naik 8,51 persen dari jumlah UMP 2019 sebesar Rp3.051.076. Namun sampai saat ini belum ada satupun perusahaan di Minut yang mengajukan penangguhan untuk tidak mengikuti ketetapan UMP tersebut.

“Di Minut ada 460 perusahaan. Namun sampai saat ini belum ada perusahaan yang mengajukan penangguhan,” ujarnya. | GLENLY B

Leave a Reply