Ilustrasi.
Ilustrasi.

Direktur: Stok Oksigen RSUD Liunkendage Aman

TAHUNA, publikreport.com – Menjawab keluhan masyarkat dan pasien terkait ketersediaan oksigen, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Liunkendage Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dr Blesing Rompis memastikan, mulai Sabtu 16 November 2019, stok oksigen di rumah sakit yang dipimpinnya akan kembali normal. Alasannya, puluhan tabung oksigen yang dipesan dari Manado akan tiba.

“Memang beberapa hari sebelumnya ada gangguan mesin produksi oksigen milik RSUD Liunkendage, sehingga berpengaruh pada produksi setiap hari. Tapi warga tak usah kuatir, sebab besok oksigen pesanan kami dari Manado tiba,” jelasnya.

Adanya selentingan opini di media sosial (medsos) yang menyindir adanya oknum rumah sakit yang memperjualbelikan oksigen bagi kalangan berduit dengan mengabaikan pasien yang kurang mampu, dibantah Blesing. Menurutnya RSUD Liunkendage selama beroperasi lebih mengedepankan kualitas pelayanan, apalagi pasien yang datang berobat 95 persen pasien BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan).

BACA JUGA: BPJS ‘Berhutang’ Miliaran Rupiah pada RSUD Liunkendage

BACA JUGA: RSUD Liunkendage Siap Diakreditasi

BACA JUGA: Stok Oksigen di RSUD Liunkendage Rawan

“Hoaks itu kalau oksigen di RSUD Liunkendage dipermainkan oknum tertentu. Lagipula kita seluruh pegawai sedang berkonsentrasi mensukseskan akreditasi rumah sakit sekaligus berupaya menaikan status RSUD Liunkendage dari level bintang dua menjadi bintang empat. Jadi tidak mungkin dalam kondisi sedang memperjuangkan akreditasi pelayanan lalu kita mengabaikan pelayanan,” tegasnya.

Kedepan, Blesing menyatakan, ketersediaan oksigen sudah tidak lagi menjadi permasalahan, sebab kerjasama operasional produksi oksigen antara RSUD Liunkendage dengan pihak ketiga dari Jakarta bakal terealisasi Desember 2019.

“Pihak perusahaan dari Jakarta akan segera mengantar ke Sangihe mesin baru untuk produksi oksigen. Rata-rata produksi nanti antara 20-40 tabung setiap hari, sementara kebutuhan oksigem RSUD Liunkengdage 12 tabung setiap hari. Saya jamin kedepan kita tidak lagi diperhadapkan dengan kendala ketersediaan oksigen,” bebernya.  | VEBE

Leave a Reply