Ilustrasi ambulance.
Ilustrasi ambulance.

Idealnya Puskesmas Miliki 2 Unit Ambulance

TAHUNA, publikreport.com – Minimnya armada seperti ambulance yang dimiliki Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Kepulauan Sangihe, menurut warga setempat menjadi kendala pelayanan kesehatan. Sorotan warga ini bahkan sempat viral di media sosial (medsos).

Terkait sorotan warga ini, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Sangihe, dr Joppy Tunghari saat dikonfirmasi wartawan mengakui kendala pelayanan kesehatan yang dihadapi Puskesmas. Diakuinya masih ada Puskesmas yang belum memiliki ambulance. Sementara Puskesmas yang sudah memiliki ambulance tidak maksimal memfungsikannya, karena armada itu sudah mengalami kerusakan mesin, seperti di Puskesmas Kuma, Kecamatan Tabukan Tengah.

Kendalanya beragam. Ada Puskesmas yang belum memiliki ambulance, ada yang sudah tapi tidak maksimal memfungsikannya, karena mengalami kerusakan mesin. Contoh ambulance di Puskesmas Kuma, kami langsung memasukkannya ke bengkel untuk diperbaiki dan segera difungsikan kembali,” katanya.

Belajar dari permasalahan ini, Joppy mengatakan, ke depan masing-masing setiap Puskesmas di Kepulauan Sangihe setidaknya memiliki minimal 2 unit ambulance, agar pelayanan tetap maksimal tanpa harus bergantung pada salah satu ambulance yang sewaktu-waktu digunakan untuk mengantar pasien rujukan ke rumah sakit induk.

Kalau dulu memang sudah cukup satu ambulance saja, tapi melihat kebutuhan yang meningkat, ke depan kami akan mengupayakan setiap Puskesmas memiliki dua unit ambulance. Ambulans yang satu dipakai untuk mengantar pasien ke rumah sakit dan ambulance satunya melayani pasien lainnya,” jelasnya.  | VEBE

Leave a Reply