Penandatangan ikrar bersama untuk memperkuat Bhineka Tunggal Ika disela diskusi/sosialisasi tentang pentingnya menjaga silaturahmi dalam memupuk persatuan dan kesatuan yang diselenggarakan DPC PIKI Kabupaten Minut.
Penandatangan ikrar bersama untuk memperkuat Bhineka Tunggal Ika disela diskusi/sosialisasi tentang pentingnya menjaga silaturahmi dalam memupuk persatuan dan kesatuan yang diselenggarakan DPC PIKI Kabupaten Minut.

Redam Konflik, PIKI Gelar Diskusi

AIRMADIDI, publikreport.com – Permasalahan akan konflik antar umat beragama di sejumlah daerah di Indonesia dalam beberapa bulan terakhir ini sudah dalam tahap memprihatinkan. Meredam konflik ini agar tidak berkembang di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), DPC (Dewan Pengurus Cabang) Persatuan Intellegensia Kristen Indonesia (PIKI) menggelar diskusi/sosialisasi tentang pentingnya menjaga silahturahmi dalam memupuk persatuan dan kesatuan pemuda sebagai pilar bangsa yang dilaksanakan di Rumah Makan (RM) Dodoku Airmadidi, Kamis 21 November 2019.

Ketua DPC PIKI Kabupaten Minut, Denny Lolowang saat membawakan materi mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk menjaga kerukunan antar umat beragama yang ada di Minut.

“Kenapa harus dijaga persatuan dan kesatuan itu? Karena tanpa adanya persatuan, dunia bagaikan arena pertarungan. Saling memaki, membeda-bedakan, menyalahkan, menzolimi, menista satu sama yang lain, merasa paling benar, merasa paling utama, bahkan membunuh. Hal ini sangat mungkin terjadi dikarenakan tidak adanya rasa kepercayaan, simpati, empati bahkan sudah sirnanya rasa perikemanusiaan,” jelas Denny yang juga adalah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minut.

Diskusi ini, menurut Denny, sangat penting karena akan membantu pemerintah menjaga keutuhan Pancasila dan kerukunan umat beragama yang ada di Kabupaten Minut.

“Harapan akan hidup tenang dan damai pasti terwujud. Untuk itu mari sama-sama kita jaga nilai-nilai mulia yang sudah ditanamkan oleh founding father atau pendiri bangsa Indonesia. Niscaya persatuan dan kesatuan akan tetap terus terpelihara dan menjadikan aset perekat bagi keanekaragaman bagi semua masyarakat,” tegasnya.

Leave a Reply