Alat berat jenis ekskavator yang melakukan aktifitas di lokasi pertambangan emas di wilayah Kecamatan Tabukan Selatan Tengah, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).
Alat berat jenis ekskavator yang melakukan aktifitas di lokasi pertambangan emas di wilayah Kecamatan Tabukan Selatan Tengah, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Tambang Emas Marak, Bupati: Mereka Cari Makan

TAHUNA, publikreport.com – Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana mengaku memaklumi aktifitas pertambangan emas di wilayah Kecamatan Tabukan Selatan Tengah, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kalau aktifitas warga melakukan penambangan hanya untuk mencari makan, masih dapat dimaklumi,” ujarnya.

Namun, bagaimana kalau aktifitas pertambangan emas itu sudah ada oknum yang memasukkan alat berat, seperti ekskavator ke lokasi tambang? Jabes menyatakan, jika itu sudah berorientasi kekayaan, tidak dibenarkannya. Kecuali yang bersangkutan sudah mengantongi ijin resmi dari instansi teknis.

Kalau ada pihak yang sudah memasukan alat berat ke lokasi tambang, itu sudah tidak benar. Harus ada izin resmi. Kita masih boleh memaklumi jika rakyat melakukan penambangan hanya untuk mencari makan bukan untuk mencari kekayaan,” tegasnya.

Menyentil tentang penambangan emas yang kian ramai, Jabes mengakuinya. Alasannya kewenangan untuk mengeluarkan izin adalah Pemerintah Provinsi Sulut. Sedangkan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sagnihe hanya sebatas merekomendasikan terkait dampak lingkungan.

Saya sudah berkoordinasi dengan provinsi. Tidak ada ijin yang dikeluarkan untuk kegiatan penambangan. Ilegal jika di Sangihe ada yang melakukan kegiatan tambang emas,” jelasnya.

Agar kegiatan pertambangan tidak dicap ilegal atau tambang liar, Jabes menyarankan kepada pihak pengelola tambang untuk segera melakukan pengurusan izin agar dikemudian tidak bersentuhan dengan hal-hal yang berkaitan dengan hukum.

Sejauh ini kegiatan tambang rakyat di Sangihe ilegal, namun karena hanya menggunakan alat seadanya dan orientasi mencari makan sah-sah saja jika rakyat yang menikmati. Justru kepada pihak yang sudah melakukan usaha tambang itu yang harus segera mengurus izin secara resmi,” tambahnya.  | VEBE

Leave a Reply