Sosialisasi syarat minimal dan persebaran calon perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minut 2020 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minut, bertempat di Sutanraja Hotel, Sabtu 23 November 2019.
Sosialisasi syarat minimal dan persebaran calon perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minut 2020 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minut, bertempat di Sutanraja Hotel, Sabtu 23 November 2019.

Pilkada 2020, Ini Syarat Calon Perseorangan

POLITIK

AIRMADIDI, publikreport.com – Ketua Devisi Hukum, Anggaran, Logistik dan Pengawasan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Darul Halim menjelaskan, tentang syarat seseorang yang akan maju sebagai calon pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang. Syarat utamanya, adalah yang bersangkutan wajib memiliki 10 persen suara dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT). Artinya, jika mengacu dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, dimana DPT Minut berjumlah 162.769 suara, maka calon perseorangan wajib memiliki 16.277 suara.

“Jumlah minimal dukungan persyaratan bagi pasangan calon perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minut tahun 2020 adalah sejumlah sepuluh persen dari jumlah DPT yaitu 16.277 pemilih,” jelas Darul pada sosialisasi syarat minimal dan persebaran calon perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minut 2020 yang diselenggarakan KPU Minut, bertempat di Sutanraja Hotel, Sabtu 23 November 2019.

Calon perseorangan, Darul mengatakan, wajib mendapat dukungan warga lebih dari 5 kecamatan yang ada di Minut. Calon perseorangan juga diminta wajib menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) saat mendaftar sebagai bakal calon. Selain itu, dukungan bagi pasangan calon perseorangan dibuat dalam bentuk surat pernyataan dukungan pasangan calon perseorangan yang disertai dengan fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk).

“Untuk itu kami sarankan agar calon perseorangan ini mengumpul KTP yang sudah masuk dalam DPT,” terangnya.

KPU, menurut Darul, akan terus melaksanakan sosialisasi ini hingga ke tingkat kecamatan guna memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang dasar penetapan jumlah dukungan calon perseorangan dan calon lewat jalur partai politik (parpol).

Leave a Reply