Ilustrasi.
Ilustrasi.

Soal Perizinan, Pemerintah Kota/Kabupaten Diminta Terus Berbenah

MANADO, publikreport.com – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey menyerukan ekpada seluruh jajaran Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DinPMPTSP) se-Sulut terus berbenah dan menciptakan berbagai inovasi dan kreativitas guna memberikan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat. Penyelenggaraan PTSP prima, menurutnya, harus terus dipacu dan ditunjang peraturan yang mendukung pelaksanaannya.

Dalam waktu dekat akan ada regulasi baru untuk pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). IMB akan cepat keluar. Dokumen-dokumen teknis seperti rekomendasi instansi lain biar nanti menyusul, dengan syarat arahan ruang sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) masing-masing,” ungkap Olly pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pimpinan Daerah untuk penyelenggaraan PTSP prima di Sulut, Kamis 21 November 2019.

Regulasi ini, Olly menjelaskan, sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk menindaklanjuti pesan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) soal upaya mempermudah proses perizinan di Indonesia. Dan pemerintah daerah bagaimana menyerap apa yang disampaikan pemerintah pusat dalam pelaksanaan tugas untuk mempercepat perizinan.

Oleh pemerintah pusat, Olly melanjutkan, telah memberikan ruang yang sebebas-bebasnya kepada pemerintah daerah dalam melaksanakan kebijakan terkait perizinan. Untuk Sulut telah terbukti dari adanya peningkatan jumlah investasi.

Saya kira kita berterimakasih, karena target RPJMD (Rencana Program Jangka Menengah Daerah) tentang investasi di Sulut sebesar Rp2,5 triliun sudah terlewat jauh karena saat ini realisasi investasi di Sulut itu sudah Rp9,7 triliun. Jadi akhirnya kalau target dari BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) bahwa Sulut sebesar Rp10 triliun, tinggal Rp300 miliar lah sudah masuk target,” ungkapnya.

Leave a Reply