Ilustrasi.
Ilustrasi.

15 Obat Sakit Gigi

Perlu Anda ketahui bahwa Anbesol dan Orajel tidak diperuntukkan pemakaianannya pada anak-anak karena dapat menyebabkan kondisi medis yang serius seperti methemoglobinemia.

Obat sakit gigi alami

Selain menggunakan obat sakit gigi dengan bahan kimia, cara mengobati sakit gigi bisa ditambahkan lainnya adalah dengan menggunakan bahan alami. Berikut adalah daftar obat sakit gigi alami yang bisa dicoba, di antaranya:

7. Minyak Cengkeh

Obat sakit gigi alami yang pertama adalah cengkeh. Cengkeh adalah jenis rempah-rempah yang kerap dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Namun, siapa sangka jika minyak cengkeh ternyata dapat menyembuhkan sakit gigi. Bahkan, khasiat minyak cengkeh untuk mengobati sakit gigi sudah dipercaya sejak lama.

Anggapan ini tidak salah, mengingat minyak cengkeh mengandung eugenol diklaim sebagai anestesi alami yang ampuh untuk meredakan nyeri pada gigi. Teteskan minyak cengkeh pada kapas, lalu tempelkan pada bagian gigi Anda yang terasa sakit.

8. Garam

Obat sakit gigi alami yang dapat dengan mudah dicoba di rumah adalah menggunakan garam. Anda bisa menggunakan medium air yang telah dicampur garam untuk meredakan nyeri pada gigi. Cara mengobati sakit gigi ini dinilai cukup efektif karena sejatinya, garam mengandung zat antibakteri dan antiinflamasi.

Larutkan garam di dalam satu gelas air putih bersih, kemudian berkumurlah dengan air tersebut secara rutin 2 -3 kali sehari sampai rasa sakitnya hilang.

9. Cuka

Baik itu cuka masak atau cuka apel, keduanya merupakan obat sakit gigi yang dipercaya bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi. Cuka mengandung zat antibakteri dan antimikroba sehingga dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab sakit gigi.

Sama seperti garam, cara menggunakan cuka untuk meredakan sakit gigi yakni dengan melarutkannya ke dalam satu gelas air, kemudian kumur dengan air tersebut. Anda juga bisa meneteskan cuka pada kapas untuk kemudian ditempelkan ke bagian gigi yang sakit.

Leave a Reply