Ilustrasi.
Ilustrasi.

Cara Menanam Hidroponik Untuk Pemula

Paling sederhana dan mudah

Hidroponik menjadi bagian penting dari perkembangan dunia pertanian di era moderen. Seiring dengan pesatnya pembangunan gedung gedung tinggi, perkantoran dan juga pusat perbelanjaan tentu memaksa penggunaan lahan tanah yang luas.

Dengan demikian maka semakin lama lahan-lahan pertanian akan berkurang jumlahnya. Hal ini jika tidak disiasati dengan baik maka akan berdampak pada sektor pertanian. Seperti yang anda ketahui bahwa penopang sektor pertanian tentu keberadaan lahan tanam yang luas.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi hadirlah teknik pertanian hidroponik yang akan menyiasati semakin terbatasnya jumlah lahan pertanian. Sebut saja Jepang yang telah berhasil mengembangkan teknik ini sehingga produk hasil pertaniannya hampir menguasai seluruh pasar di dunia sebagaimana cara membuat tanaman hidroponik sederhana.

Selain itu, hidroponik juga memiliki keunggulan yang lebih baik dari segi kualitas produk dibandingkan budidaya secara konvensional. Tidak hanya itu, produktifitas dan efisiensi budidaya juga lebih unggul budidaya secara hidroponil ketimbang konvensional.

Tentunya keunggulan diatas merupakan sisi positif dari budidaya tanam secara hidroponik. Namun terdapat keterbatasan lain, yakni dimana metode ini hanya dapat digunakan untuk tanaman berumur pendek seperti sayuran dan buah semusim. Sebab secara teknik media yang digunakan berasal dari media non tanah yang pastinya hanya dapat menopang jenis tanaman yang berakar pendek dan juga tidak berakar tunjang.

Jika anda tertarik untuk menanam tanaman secara hidroponik, berikut 2 cara sederhana dan mudah:

1. Hidroponik Sistem NFT (Nutrient Film Technique)

NFT merupakan teknik hidroponik yang telah dikembangkan sejak tahun 1960-an. Ialah Dr AJ Cooper di Glasshouse Crops Little Research Institute Litlehampton Inggris. Kemudian mulai dikenal dan dimomersilkan pada tahun 1970-an.

Saat ini NFT menjadi salah satu teknik budidaya hidroponik yang paling banyak digunakam baik untuk hidroponik skala rumahan hingga industri. Teknik hidroponik NFT merupakan teknik budidaya dengan menumbuhkan tanaman pada media permukaan air yang berpenopang, dengan pengatuhan sirkulasi air oksigen dan juga pemberian nutrisi yang optimal.

Pada era tahun 2000-an teknik NFT ini semakim populer dan dikenal masyarakat secara luas. Meskipu dari segi pembuatannya anda harus merogoh kocek yang agak dalam hal itu tidak mengurangi kepopuleran teknik ini sebagaimana cara menanam jagung di gelas palstik. Bahkan banyak yang menilai bahwa penggunaan teknik NFT ini dapat dilakukan betkelanjutan dalam artian tidak hanya sekali panen. Dapat digunakan beberapa kali. Sebab penopang media tanam yang digunakan cukup kuat dan awet serta tahan lama.

Leave a Reply