Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kasat Sesalkan Perangkat Daerah Mengabaikan Sat Pol PP

TAHUNA, publikreport.com – Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jhony Parera mengaku, sangat menyayangkan sikap Perangkat Daerah (OPD) yang terkesan enggan memanfaatkan Sat Pol PP untuk menjalankan kegiatan yang terkait dengan pelaksanaan/penegakan Peraturan Daerah (Perda), seperti penagihan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan retribusi daerah.

Sampai saat ini tidak ada Perangkat Daerah yang mengundang Sat Pol PP untuk terlibat dalam menegakkan Perda. Padahal dari uji petik yang pernah dilakukan dengan Badan Keuangan Daerah, hasil penagihan retribusi oleh Sat Pol PP mencapai target seratus persen,” ungkap Jhony pada rapat pembahasan (lanjutan) terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) bersama para wakil rakyat di DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Senin 25 November 2019.

Terkait hal tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kepulauan Sangihe, Edwin Roring menegaskan Perangkat Daerah wajib berkoordinasi dengan Sat Pol PP ketika hendak menegakkan Perda. Sebaliknya, Sat Pol PP juga diminta harus proaktif untuk berkoordinasi melaksanakan tugas pokok dan fungsi, diminta atau tidak.

Tugas Sat Pol PP adalah menegakkan Perda. Koordinasi wajib dilakukan,” ujarnya. | VEBE

Leave a Reply