Jemmy H Kuhu, Sekdakab Minut.
Jemmy H Kuhu, Sekdakab Minut.

Aset Wajib Dilaporkan Setiap 6 Bulan

AIRMADIDI, publikreport.com – Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Minahasa Utara (Minut), Jemmy H Kuhu menegaskan, setiap Pengurus Barang Milik Daerah (BMD) di Perangkat Daerah wajib melaporkan seluruh aset, baik bergerak maupun tidak bergerak milik Pemerintah Kabupaten Minut setiap 6 bulan sekali melalui SIMDA (Sitem Informasi Manajemen Daerah) BMD.

“Barang daerah adalah barang yang dibeli dari anggaran pemerintah daerah dan pusat. Aset itu, baik bergerak dan tidak bergerak wajib dicatat dan dilaporkan kepada saya setiap enam bulan tanpa harus ada permintaan,” tegas Jemmy pada bimbingan teknis (bimtek) Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 108 Tahun 2015 tentang Penggolongan Kodefikasi Barang Milik Daerah,yang diselenggarakan Badan Keuangan Daerah Kabupaten Minut bertempat di Hotel Ibis Manado, Selasa 26 November 2019.

Kodefikasi BMD, menurut Jemmy, wajib dilaksanakan setiap Perangkat Daerah. Sebab, itu merupakan persyaratan Pemerintah Kabupaten Minut untuk mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Kodefikasi ini untuk mengamankan atau status penggunaan barang demi tercapainya opini WTP,” katanya.

Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Minut, Petrus Macarau berharap seluruh Perangkat Daerah mampu bersinergi dalam mewujudkan penyelenggaraan pengelolaan BMD yang baik dan berdaya guna sesuai peraturan yang berlaku.

“Pengurus BMD harus pahami dengan benar soal kodefikasi barang ini agar tidak ada temuan,” jelasnya.

Tampil sebagi pemateri pada bimtek ini dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulawesi Utara ( Sulut). | GLENLY B

Leave a Reply