Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kualitas Pilkada Harus Meningkat

POLITIK

AIRMADIDI, publikreport.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Stella Runtu menegaskan, kualitas Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) harus meningkat dan tercapai sesuai keinginan masyarakat. Untuk itulah KPU terus melaksanakan sosialisasi khususnya terkait syarat minimal dan persebaran calon perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minut 2020.

Kami menyampaikan hal-hal yang perlu disampaikan, yakni perlu pengawasan agar Pilkada 2020 bisa terlaksana lancar, sukses dan zero konflik,” kata Stella di depan Forum Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), tokoh agama/masyarkat, organisasi kemasyarakatan (ormas) dan kepala desa dari empat kecamatan, yakni Dimembe, Kauditan, Kalawat dan Talawaan pada sosialisasi bertempat di Sutanraja Hotel, Rabu 27 November 2019.

Di tempat yang sama, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Minut, Darul Halim menjelaskan, tentang larangan kepada anggota TNI/Polri (Tentara Nasional Indonesia/Kepolisian Negara Republik Indonesia) dan ASN (Aparatur Sipil Negara) memberikan dukungan kepada calon perseorangan, kecuali mereak yang sudah purnabakti atau pensiun dari tugas.

“Itu sudah jelas diatur dalam Peraturan KPU (PKPU),” tegasnya.

BACA JUGA: Pilkada 2020, Ini Syarat Calon Perseorangan.

Dukungan kepada calon perseorangan oleh masyarakat, Darul mengatakan, dibuat dalam bentuk surat pernyataan dukungan pasangan calon perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minut 2020 yang diserai dengan fotocopi KTP (Kartu Tanda Penduduk). Selain itu masyarakat tidak boleh memberikan dukungan kepada dua orang yang mencalonkan diri kepala daerah dari jalur perseorangan.

“Kalau sudah memberikan dukungan kepada si A, maka tidak boleh lagi memberikan dukungan kepada si B. Dukungan cukup diberikan kepada satu calon,” ujarnya.

Ketua Divisi Sosialisasi Parmas dan SDM KPU Kabupaten Minut, Hendra Lumanauw berharap agar semua warga wajib pilih untuk berpartisipasi mensukseskan Pilkada 2020. Menurutnya, KPU Minut akan terus melakukan inovasi terkait format sosialisasi Pilkada ke masyarakat.

“Sosialisasi ini penting agar masyarakat khususnya wajib pilih yang baru bisa ikut berpartisipasi,” tambahnya. | GLENLY B

Leave a Reply