Steven OE Kandouw, Wagub Provinsi Sulut.
Steven OE Kandouw, Wagub Provinsi Sulut.

Sulut Rawan Bencana, Wagub: Jangan Teori Saja, Harus…

MANADO, publikreport.com – Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Steven OE Kandouw mengungkapkan, Sulut adalah salah satu daerah di Indonesia yang mempunyai potensi bencana paling lengkap dan paling rawan. Bahkan gunung berapi aktif terdapat di Sulut.

Wilayah Sulut memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis dan demografis yang memungkinkan terjadinya bencana dengan frekuensi tinggi,” kata Steven pada rapat koordinasi penguatan penanganan bencana daerah Sulut di Manado, Kamis 28 November 2019.

Karena memiliki wilayah yang rawan bencana, menurut Steven, rakor penguatan penanganan bencana penting dilaksanakan.

Menurut hemat saya, kiranya kegiatan ini jangan hanya setahun sekali. Tapi tiga kali dalam setahun kegiatan ini selalu dilaksanakan, dilanjutkan dengan latihan. Karena dengan latihan kita bisa tahu apa yang kita perlukan,” ujarnya.

Dalam menangani bencana, Steven menjelaskan, selain Basarnas (Basan Search and Rescue Nasional), TNI/Polri (Tentara Nasional Indonesia/Kepolisian Negara Republik Indonesia), pemerintah daerah juga harus siap.

Jangan hanya teori-teori saja, tapi harus ada rakor agar kita bisa tahu kesiapan logistik kita, bagaimana SDM kebencanaan kita, dimana roadmap mitigasi bencana kita,” tegasnya.

Sulut sebagai daerah tujuan wisata, Steven melanjutkan, harus dilengkapi sertifikasi bencana, baik gedung maupun SDM (Sumber Daya Manusia). Diakuinya, sertifikasi bencana orientasianya seperti di Jepang yang indikasinya lengkap semua.

Kita harus memiliki guide dalam hal ini, selain knowledge infrastrukturnya tapi fisiknya SDMnya, dan harus orang yang benar-benar tangguh dan tanggap menghadapi bencana,” bebernya seraya mengajak semua pihak selalu berdoa agar tidak ada bencana.

Leave a Reply