Ilustrasi Artificial Intelligence.
Ilustrasi Artificial Intelligence.

Artificial Intelligence dari Masa ke Masa

Sekarang ini siapa sih yang nggak tau kecerdasan buatan atau istilah kerennya AI (Artificial Intelligence)?

Ok, untuk yang belum tau, kecerdasan buatan atau AI ini merupakan sebuah entitas cerdas yang diciptakan oleh manusia dan kemudian dimasukan kedalam suatu sistem atau mesin yang mampu berpikir dan mengambil keputusan sendiri. Dalam mengambil keputusan, sistem dilatih secara terus menerus melalui training data sampai sistem tersebut mampu dengan sendirinya menentukan keputusan.

Setelah mengetahui apa itu AI, akan terbesit di pikiran bagaimana awal mula AI ini diciptakan.

Berikut merupakan sejarah lahirnya AI:

Tahun 1950 (The Imitation Game)

Pada tahun 1950, Alan Turing memperkenalkan “Turing Test”, yaitu sebuah metode yang memiliki kemampuan untuk menampilkan perilaku cerdas yang tidak dapat dibedakan dari manusia.

Tahun 1956 (The Beginning of AI)

Pada tahun 1956, The Dartmouth Summer Research Project mempopulerkan istilah Artificial Intelligence (AI) yang menjadi awal mula lahirnya AI.

Tahun 1963 (Cold War Concerns)

Pada tahun 1963, Agensi pemerintah US yaitu Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) mendanai penelitian AI pada universitas seperti MIT, dengan harapan bahwa mesin dapat bahasa Rusia secara instan.

Tahun 1968, “I’m sorry, Dave, I’m afraid I can’t do that”

I’m Sorry, Dave, I’m afraid i can’t do that” merupakan cuplikan percakapan pada film terkenal milik Stanley Kubrick yaitu 2001: A Space Odyssey yang menceritakan superkomputer pembunuh dengan teknologi AI, HAL 9000.

Tahun 1974 (The Winter of AI)

Pada tahun 1974, dengan hasil AI yang mengecewakan, pemerintah di seluruh dunia menarik kembali pendanaan mereka pada penelitian AI. Hal ini terjadi selama dua dekade musim dingin.

Leave a Reply