Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Steven OE Kandouw pada ibadah peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Lansia ke-13 di Lapangan Pohon Kasih Megamas Manado, Sabtu 30 November 2019.
Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Steven OE Kandouw pada ibadah peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Lansia ke-13 di Lapangan Pohon Kasih Megamas Manado, Sabtu 30 November 2019.

Kaum Lansia Dipuji Wagub

MANADO, publikreport.com – Semangat para kaum lanjut usia (lansia) yang menghadiri ibadah peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Lansia ke-13 di Lapangan Pohon Kasih Megamas Manado, Sabtu 30 November 2019, dipuji Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Steven OE Kandouw. Apalagi para lansia ini tampil tepat waktu, bahwa acara berlangsung lebih awal.

Orang bilang lansia itu lome-lome (tidak kuat), tidak ada semangat. Itu towo samua (tidak benar semua). Itu hanya stereotipe atau labeling. Karena hari ini jadi bukti kita bisa melaksanakan acara ini tepat waktu. Padahal undangan jam sepuluh, kita sudah mulai jam sembilan,” kata Steven yang menghadiri ibadah yang dipimpin Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM), Pendeta Dr Hein Arina.

Kaum lansia, Steven berharap, supaya terus bersemangat dalam menjalani aktivitas, tetap memiliki harapan hidup, tetap punya mimpi. Karena mimpi dan cita-cita adalah hak asasi dari semua orang. Bukan hanya orang muda, tapi orang tua juga harus punya. Kaum lansia juga dimintanya harus memiliki investasi intelektual, investasi material, dan paling penting investasi spritual.

Percayalah, di usia tua ini teruslah perkuat investasi spiritual, dekatkan diri dengan Tuhan yang selalu melihat iman percaya kita,” ujarnya.

Di Indonesia, Steven menjelaskan, penduduk yang berusia 60 tahun sudah termasuk lansia. Sementara di Rusia, 62 tahun dan di Uni Eropa, 65 tahun. Dan Bank Dunia menetapkan, lansia itu 70 tahun. Artinya terminologi lansia tergantung siapa yang mau tetapkan batas usia.

Dalam kehidupan bermasyarakat lansia adalah fitur teladan yang sarat akan pengalaman. Oleh karena itu warnai pembangunan bangsa dengan keteladanan serta nasehat-nasehat bijak bagi generasi muda, utamanya dalam pendidikan dan kerukunan. Dan senantiasa memotivasi diri untuk selalu berkarya untuk memberikan yang terbaik bagi daerah dan bangsa di masa tua,” harapnya. | VERONICA DSK

Leave a Reply