Deddy Item, Sekretaris Dindukcapil Kabupaten Minut.
Deddy Item, Sekretaris Dindukcapil Kabupaten Minut.

Sejak April 2019, Ribuan Anak di Minut Miliki KIA

AIRMADIDI, publikreport.com – Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Deddy Item mengungkapkan, sejak diterapkan April 2019, program Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Minut sudah menjangkau sekitar 11 ribu anak.

“Yang tercatat ada sekitar sebelas ribuan, namun yang tercetak KIA baru sekitar tujuh ribu,” jelas Deddy kepada wartawan, Rabu 04 Desember 2019.

KIA, menurut Deddy diterbitkan dalam 2 versi, yakni untuk anak usia 0-5 tahun dan anak usia 05-17 tahun. Masa berlaku kartu juga berbeda. Bagi ank usia kurang dari 5 tahun masa berlaku akan habis ketika usia menapaki 5 tahun. Sementara bagi anak usia di atas 5 tahun, maka masa berlakunya akan habis sampai anak berusia 17 tahun kurang 1 hari.

Ketika anak berulang tahun ketujuh belas, KIA akan secara otomatis diubah menjadi KTP (Kartu Tanda Penduduk). Ini karena nomor yang tertera pada KIA akan sama dengan yang ada di KTP,” terangnya.

Memaksimalkan program tersebut, Deddy melanjutkan, Dindukcapil Minut melakukan ‘jemput bola’ ke desa/kelurahan. Dimintanya pemerintah desa supaya ikut mensosialisasikan program yang didasarkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2016.

“Pemerintah desa juga diharap ‘jemput bola’ ke warga meminta berkas anak untuk dibuatkan KIA di Dindukcapil Minut,” tambahnya. | GLENLY B

Leave a Reply