Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bersatu Lawan Korupsi

HUKUM

Hari Anti Korupsi Internasional 09 Desember

Hari Anti Korupsi Internasional diperingati tanggal 09 Desember setiap tahunnya. Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mengangkat tema bersatu melawan korupsi untuk pembangunan, perdamaian, dan keamanan. Dikutip dari PBB, setiap tahun sekitar $1 triliun dihabiskan untuk suap, sedangkan sekitar $2,6 triliun dikorupsi, jumlah ini setara dengan lebih dari 5 persen GDP global. Di negara-negara berkembang, menurut Program Pembangunan PBB, uang yang hilang karena korupsi diperkirakan 10 kali lipat dari jumlah bantuan untuk pembangunan. PBB menuliskan, korupsi adalah kejahatan serius yang dapat merusak pembangunan sosial dan ekonomi di semua lapisan masyarakat.

Tidak ada negara, wilayah, atau komunitas yang kebal terhadap korupsi, setiap wilayah memiliki kemungkinan itu. Untuk memperingati Hari Anti Korupsi Internasional, PBB mengangkat tema yang sama setiap tahun, ‘Bersatu Melawan Korupsi’ dan akan terus mendukung Agenda 2030, yang menjadi tulang punggung kampanye. Selain itu, kampanye juga akan melibatkan generasi muda.

“Pada Hari Internasional ini, saya mendesak orang di mana saja untuk terus bekerja pada solusi inovatif untuk memenangkan perang melawan korupsi dan untuk memastikan sumber daya yang berharga dapat melayani masyarakat dunia,” ujar Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres.

Korupsi adalah hambatan utama untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Korupsi bisa terjadi di negara kaya dan miskin. Korupsi secara tidak langsung menyakiti orang miskin. Tindakan ini juga berkontribusi terhadap ketidakstabilan dan kemiskinan dan merupakan faktor dominan yang mendorong negara-negara menuju kegagalan.

Leave a Reply