Novilius Tampi, Ketua KONI Sangihe.
Novilius Tampi, Ketua KONI Sangihe.

Porprov 2019, Sangihe Lampaui Target

OLAHRAGA

TAHUNA, publikreport.com – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Utara (Sulut) di Kota Bitung 02-09 Desember 2019, telah ditutup. Kontingen Kabupaten Kepulauan Sangihe berhasil melampaui target yang ditetapkan. Dari target 10 medali emas, mampu meraup 14 medali emas ditambah 13 medali perak dan 25 medali perunggu. Dibanding Porprov Sulut 2017 lalu di Tondano, Kabupaten Minahasa, kontingen Kabupaten Kepulauan Sangihe hanya memperoleh 4 medali emas, 9 medali perak dan 22 medali perunggu.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Novilius Tampi mengaku puas atas hasil yang diperoleh kontingen Sangihe pada ajang Porprov 2019. Selain perolehan medali melampaui target, penyebaran medali terhadap masing-masing cabang olahraga juga jauh meningkat.

“Pencapaian kontingen Sangihe di Porprov Bitung sangat luar biasa, dan sudah maksimal. Peningkatan tak hanya terjadi pada jumlah medali, tapi pada penyebaran cabang olahraga (cabor), dimana untuk Porprov Bitung sebanyak tujuh cabor mampu menyumbang emas. Sedangkan Porprov sebelumnya di Tondano hanya dua cabor yang menyumbang emas,” kata Novilius.

Terpisah, Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana memberikan apresiasi atas capaian kontingen Sangihe, terlebih untuk atlit, pelatih, ofisial sampai pengurus cabor maupun KONI yang begitu serius melakukan persiapan.

“Saya berharap tetap ada evaluasi, sehingga untuk Porprov dua tahun depan kita bisa tampil lebih baik dan kembali terjadi peningkatan prestasi dari masing-masing cabor,” harapnya. | VEBE

Leave a Reply