Festival Pulau Komang di Desa Kalinaun, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Selasa 10 Desember 2019.
Festival Pulau Komang di Desa Kalinaun, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Selasa 10 Desember 2019.

Meriahnya Festival Pulau Komang di Likupang

AIRMADIDI, PUBLIKREPORTcom – Pemerintah Desa Kalinaun, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Selasa 10 Desember 2019, menggelar Festival Pulau Komang. Festival ini guna menarik wisatawan berkunjung desa itu.

Masyarakat Desa Kalinaun dan sekitarnya nampak larut dalam berbagai lomba dnegan hadiah uang jutaan rupiah. Lomba, seperti:

  • Lomba perahu hias
  • Lomba katinting 16 PK
  • Lomba perahu katinting double gear 16 PK
  • Lomba perahu katinting 18 PK
  • Lomba perahu 18 PK mesin tempel
  • Lomba perahu dayung 3 orang
  • Lomba tarik tambang perahu laki-laki 5 orang.

Ketua Panitia Festival Pulau Komang, Denny Sompie yang akrab disapa Desom mengatakan, tujuan dilaksanakannya festival ini untuk memacu pariwisata di Sulut khususnya Minut. Dimana potensi wisata bahari yang dikolaborasi dengan mata pencarian masyarakat sebagai nelayan. Festival ini sengaja dibuat di Kalinaun karena Pulau Komang memiliki pesona yang cukup menjanjikan sebagai salah satu wisata bahari yang sangat layak dinikmati oleh wisatawan.

“Saya harap, kegiatan ini akan lebih banyak wisatawan mengenal Pulau Komang, sehingga berdampak pada kesejahteraan nelayan, karena memberikan kesempatan bagi warga nelayan yang biasanya menggunakan perahu untuk menangkap ikan dan mengantar wisatawan ke Pulau Komang. Ini juga guna menunjang KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Pariwisata Likupang,” jelasnya.

Paguyuban wartawan yang tergabung dalam Forum Jurnalis Biro (Forjubir) Minut, juga memerihakan Festival Pulau Komang. Mereka mengutus sejumlah wartawan mengikuti lomba tarik tambang perahu dan lomba perahu dayung. | GLENLY B

Leave a Reply