Mocodompis Muhaling, Kepala KUPP Kelas II Tahuna.
Mocodompis Muhaling, Kepala KUPP Kelas II Tahuna.

KUPP Tahuna Siapkan Kapal Cadangan

TAHUNA, publikreport.com – Mengantisipasi arus mudik jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Klas II Tahuna memastikan akan menyiapkan kapal cadangan.

Akan ada tambahan kapal, termasuk kapal cadangan yang disiapkan guna mengantisipasi luapan penumpang rute Manado-Tahuna PP (pulang pergi),” jelas Kepala KUPP Kelas II Tahuna, Mocodompis Muhaling.

Antisipasi arus mudik, menurut Mocodompis, telah dibahas pada rapat koordinasi (rakor) yang digelar Dinas Perhubungan (Dinhub) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang dihadiri seluruh Unit Pelaksana Perhubungan Laut di Sulut dan pemilik kapal serta agen pelayanan.

Rapat menyatakan penanganan mudik lebih fokus di Pelabuhan Manado. Sebab jika yang diberangkatkan dua kapal dari Manado, baliknya dari Sangihe sudah pasti dua kapal. Juga telah disepakati akan ada kapal-kapal cadangan guna mengantisipasi lonjakan arus mudik,” ungkapnya.

KUPP Kelas II Tahuna, Mocodompis melanjutkan, tak hanya mengantisipasi lonjakan penumpang rute kapal Manado-Tahuna, namun khusus penumpang antar pulau telah disiapkan 4 unit kapal perintis, yakni 2 kapal perintis berpangkalan di Tahuna serta 2 kapal perintis yang berpangkalan di Manado.

Jadi untuk penumpang antar pulau, termasuk penumpang pulau-pulau terluar, nantinya sudah ada empat kapal perintis yang siap melayaninya,” tegasnya.

Empat kapal perintis yang siap melayani penumpang antar pulau, juga tidak hanya terfokus mengantisipasi arus mudik, tapi sudah menjadi jadual reguler hingga tahun depan,” tambahnya.  | VEBE

Leave a Reply