Salah satu pohon yang tumbang di Kelurahan Santiago, Kecamatan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Selasa 17 Desember 2019, sehingga memadamkan aliran listrik di kota Tahuna.
Salah satu pohon yang tumbang di Kelurahan Santiago, Kecamatan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Selasa 17 Desember 2019, sehingga memadamkan aliran listrik di kota Tahuna.

Pohon Tumbang Padamkan Listrik Sangihe

TAHUNA, publikreport.com – Faktor alam masih sangat rentan mengganggu kelancaran pasokan listrik di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Buktinya, dari beberapa kali terjadi pemadaman tak terencana, nyaris semuanya dipengaruhi gangguan cuaca hujan dan angin. Seperti halnya ketika listrik beberapa kali padam di wilayah kota Tahuna, Selasa 17 Desember 2019.

Penyebabnya, menurut Manajer Keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Administrasi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Tahuna, Akbar Akili, karena sejumlah pohon yang tumbang dan mengenai jaringan listrik di Kelurahan Santiago, Kecamatan Tahuna dan di wilayah Kolongan, Kecamatan Tahuna Barat.

“Terjadinya pemadaman listrik tak terencana di wilayah kota Tahuna dan sekitarnya, karena ada beberapa pohon yang tumbang mengenai jaringan kabel listrik,” jelas Akbar saat dikonfirmasi lewat Whatsapp (WA).

Gangguan jaringan listrik, Akbar mengatakan, sangat rentan terjadi juga pada malam hari. Penyebabnya, tak sekedar faktor cuaca ekstrim, tapi juga dipengaruhi hewan malam, seperti kelelawar maupun burung yang kerap tersangkut pada kabel listrik.

“Beberapa kali juga terjadi pemadaman pada malam hari, penyebabnya karena kelelawar yang tersangkut pada kabel listrik,” ungkapnya.

Sering terjadinya gangguan listrik dengan macam-macam faktor penyebab, Akbar berharap, masyarakat dapat mengerti. Dirinya juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan, apalagi warga sedang dalam menyambut sukacita Natal dan Tahun Baru.

“Faktor cuaca memang sulit diduga dan tak jarang petugas harus melakukan perbaikan tanpa mengenal waktu ketika listrik padam. Kita sama-sama berharap cuaca kembali normal sehingga distribusi listrik juga tak mengalami gangguan,” ujarnya. | VEBE

Leave a Reply