Warga bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa), Sersan Satu (Sertu) S Derek, Sabtu 21 Desember memperbaiki saluran air di Kampung Beha, Kecamatan Tabukan Tengah, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).
Warga bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa), Sersan Satu (Sertu) S Derek, Sabtu 21 Desember memperbaiki saluran air di Kampung Beha, Kecamatan Tabukan Tengah, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Musim Hujan, Saluran Air Diperbaiki

TAHUNA, publikreport.com – Masyarakat bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa), Sersan Satu (Sertu) S Derek, Sabtu 21 Desember memperbaiki saluran air di Kampung Beha, Kecamatan Tabukan Tengah, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Perbaikan drainase ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya genangan air ketika musim hujan.

“Kegiatan bergotong royong ini dilakukan dengan kesadaran diri dan keihklasan hati warga Kampung Beha secara bergiliran, karena warga tidak ingin terjadi banjir. Dengan bergotong royong warga akan merasa memiliki dan mau merawat agar tidak cepat rusak,” kata Derek yang merupakan anggota Komando Rayon Militer (Koramil) 1301-07/Tabukan Tengah.

Dengan perbaikan saluran air ini, Derek berharap, tidak menimbulkan genangan air dan mencegah terjadinya banjir.

“Selama ini drainase yang ada cuma berupa galian dan belum diperkeras. Dengan bergotong royong, kami melakukan pengecoran agar drainase tidak cepat rusak maupun tergerus air,” ujarnya.

Di hari yang sama, tempat lain, Babinsa Sertu Chandra Adrey, anggota Koramil 1301-Tagulandang melaksanakan kerja bakti pembersihan saluran air di Kelurahan Bahoi, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro (Siau, Tagulandang, Biaro). Bersama masyarakat, dirinya melakukan penggalian saluran air dan pembersihan di kiri-kanan permukaan drainase.

Lingkungan sehat dan bersih. Itu harapan kami dan warga. Kegiatan bersama warga ini untuk normalisasi drainase yang kerap tersumbat ketika hujan turun, sehingga membanjiri halaman rumah warga yang berimbas kerap mengeluarkan bau kurang sedap dan berpotensi menjadi sarang nyamuk,” jelasnya.

Lurah Bahoi, A Sakendatu mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang telah peduli dan memberikan motivasi kepada masyarakat.

Semoga dengan mempelopori kegiatan seperti ini, akan lebih memberikan semangat bagi kami untuk semakin peduli dengan pentingnya kebersihan lingkungan,” ucapnya. | VEBE

Leave a Reply