Ilustasi penumpang di pelabuhan yang akan naik kapal laut untuk pulang kampung (mudik) jelang Natal dan Tahun Baru.
Ilustasi penumpang di pelabuhan yang akan naik kapal laut untuk pulang kampung (mudik) jelang Natal dan Tahun Baru.

Ribuan Warga Sitaro, Sangihe dan Talaud Mudik

MANADO, publikreport.com – Sekitar seribu warga yang akan mudik (pulang kampung) bertolak dari Pelabuhan Manado, menuju Sitaro (Siau, Tagulandang, Biaro), Sangihe dan Talaud. Para pemudik ini dilepas Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Steven OE Kandouw, Jumat 20 Desember 2019.

Mereka pulang kampung menggunakan fasilitas mudik gratis yang disediakan Pemerintah Provinsi Sulut bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menurut Steven,program mudik gratis ini hanya sasaran antara, intinya pemerintah hadir di tengah saat masyarakat membutuhkan bantuan.

Program ini menunjukkan sinergitas antara Pemerintah Provinsi Sulut dan BUMN terkait,” ujarnya.

Adapun kerja sama mudik gratis untuk 1.000 orang ini merupakan kerja sama dengan BUMN sektor perhubungan diantaranya PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), PT Jasa Raharjasa, PT Pelti, dan PT Pegadaian.

Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Provinsi Sulut, Lynda Watania menjelaskan, kolaborasi ini merupakan yang pertama kali digelar dengan melibatkan Corporate Social Responsibility (CSR).

Tahun ini baru seribu orang. Semoga tahun depan lebih banyak lagi,” katanya.

Berikut rinciannya, pemudik ke Siau, 325 orang, ke Sangihe, 350 orang dan ke Talaud 325 orang. | VERONICA DSK

Leave a Reply