Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Dadang Suhendar pada jumpa pers mengenai hasil kajian kata tahun ini (KTI) 2019, di Jakarta, Senin 06 Januari 2020.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Dadang Suhendar pada jumpa pers mengenai hasil kajian kata tahun ini (KTI) 2019, di Jakarta, Senin 06 Januari 2020.

Kemendikbud: Milenial, Kata Paling Populer Tahun 2019

JAKARTA, publikreport.com – Hasil penelitian Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), penggunaan kata milenial menjadi paling populer sepanjang tahun 2019. Melalui pendekatan kuantitatif, kata milenial menjadi salah satu kata yang masuk ke dalam pencarian kata terpopuler sepanjang tahun ini dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, yaitu sebanyak 19.834 pencarian.

Kami menetapkan kata milenial dengan kuantitatif yaitu data statistik di KBBI, dan kualitatif dengan melihat rujukan dari media massa, bidang ilmu yang hampir sama semua merujuk kepada kata yang kita sebutkan tadi,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Indonesia Kemendikbud, Dadang Suhendar pada jumpa pers mengenai hasil kajian kata tahun ini (KTI) 2019, di Jakarta, Senin 06 Januari 2020.

Selain kata milenial, menurut Dadang, terdapat 14 kata terfavorit lainnya dengan jumlah pencarian tertinggi, yaitu kerja sama, praktik, analisis, risiko, memengaruhi, izin, aktivitas, survei, daring, zaman, praktik, hoaks, detail, dan sistem. Hal tersebut sesuai hasil analisa termasuk kedalam kajian kata tahun ini tahun 2019.

Kata milenial menjadi populer, Dadang menjelaskan, karena mencerminkan munculnya generasi baru dalam bidang teknologi informasi dalam kurun waktu tahun 1980-an dan tahun 2000-an. Hal itu memunculkan babak baru dalam penyebutan generasi yang dikaitkan dengan kemampuannya dalam penguasaan dan penggunaan teknologi informasi, seperti komputer, internet, dan ponsel (telepon selular) dengan pengembangan varian aplikasinya.

Kata milenial tersebut juga mewakili adanya perubahan sosial dan kultural di masyarakat,” katanya.

Munculnya kata milenial di google trends, Dadang mengatakan, menjadi pertimbangan pemilihan kata. Berdasarkan mesin pencari google, kata milenial menjadi paling banyak dicari pada bulan Maret 2019.

Pemunculan kata milenial ini diperkuat dengan pencarian topik tertinggi untuk kata milenial, yaitu berhubungan dengan keamanan (safety), dan keamanan perjalanan (road traffic safety). Adapun kueri tertinggi yang berhubungan dengan acara tersebut, yaitu milenial road safety, dan milenial road safety festival,” jelasnya.

Pada pendekatan kualitatif, Dadang menuturkan, tingkat dampak dari penggunaan kata bagi masyarakat menjadi pertimbangan pemilihan.

“Penetapan kata tahun ini bukan sekedar dari jumlah pencarian masyarakat tapi juga berikan dampak bagi masyarakat,” ujarnya.

Ketika penyelenggaraan perhelatan Millenial Road Safety Festival, Dadang mengatakan, angka pencarian kata milenial menjadi naik di bulan Maret 2019. Selain itu, kenaikan ini pun terjadi di bulan November 2019 karena adanya peristiwa pengumuman staf khusus Presiden Republik Indonesia. Para staf khusus ini berasal dari kalangan milenial yang dilantik pada tanggal 21 November 2019. Peningkatan pencarian kata staf khusus milenial mencapai kueri tertinggi yaitu sebanyak 2.940.000 kali pada tanggal 30 Desember 2019 pukul 09.25.

Leave a Reply