Ilustrasi.
Ilustrasi.

Mendidik Nelayan agar Sadar Frekuensi

JAKARTA, publikreport.com – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengakui masih rendahnya pengetahuan nelayan terkait penggunaan frekuensi karena negara Indonesia sangat besar dan jumlah nelayan yang sangat banyak.

“Negara kita ini terbentang luas, luasnya laut yang luar biasa dan kita harus menggapai mereka semua,” katanya.

Disadarinya banyak nelayan yang masih menggunakan peralatan radio yang tidak tersertifikasi karena sebagian besar dari mereka termasuk masyarakat kelas bawah. Oleh karena itu kesepakatan bersama antara Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tentang Sinergi Penyelenggaraan Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia Operator Radio Komunikasi di Bidang Perhubungan yang ditandatangani, Senin 13 Januari 2020, menurutnya menjadi penting agar kedua belah pihak dapat bersinergi dengan lebih baik untuk memberikan pendidikan kepada para nelayan.

BPSDM, Budi mengungkapkan, telah memiliki sekolah-sekolah yang dapat dimanfaatkan untuk mendidik nelayan.

“Kami BPSDM memiliki lebih dari 20 sekolah dan ini bisa dimanfaatkan,” jelasnya, seraya mengapresiasi pencapaian yang telah diraih oleh Ditjen SDPPI. “Saya mengucapkan selamat atas capaian PNBP yang 118% ya itu satu capaian yang luar biasa dan selamat saya ucapkan”.

Kerja sama

Leave a Reply