Olly Dondokambey, Gubernur Provinsi Sulut.
Olly Dondokambey, Gubernur Provinsi Sulut.

Olly: Kalau Dilantik Menyalahi Aturan

POLITIK

MANADO, publikreport.com – Elly Engebert Lasut dinyatakan tidak dilantik sebagai Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Elly dianggap telah menjabat sebagai kepala daerah selama dua periode.

“Ada putusan Mahkamah Agung (MA). Makanya tidak dilantik, bahwa yang bersangkutan itu kalau dilantik sudah tiga periode,” kata Olly di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu 15 Januari 2020.

Sesuai aturan, Olly mengatakan, kepala daerah hanya dibatasi maksimal menjabat dua periode. “Kalau dilantik nanti menyalahi aturan,” ujarnya.

Penjelasan ini dikemukakan Olly, merujuk pada Keputusan MA yang membatalkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor: 131.71-3241 tahun 2017 tentang Perubahan Atas Keputusan Mendagri Nomor: 131 .71-3200 tahun 2014 tentang Pemberhentian Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud. MA memerintahkan Mendagri untuk mencabut keputusan tahun 2017 yang digunakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai dasar yang menyatakan Elly Engelbert Lasut baru menjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud terhitung satu periode, sehingga diloloskan sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Talaud pada waktu lalu.

Menyelesaikan permasalahan

Kedatangannyaa ke Kantor Kemendagri, Jakarta, Olly mengaku, guna menyelesaikan persoalan tersebut. Apalagi, Pemerintah Provinsi Sulut diundang Kemendagri untuk membahas putusan MA itu.

“Semata-mata hanya menjalankan putusan MA,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Olly menyampaikan, pihaknya hanya membicarakan terkait proses Keputusan KPU yang meloloskan Elly Engelbert Lasut sebagai Calon Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud pada Pilkada 2018. Sama sekali tidak menitikberatkan pada persoalan sengketa Pilkada.

“ltu kan urusan Iain, saya tidak membahas sengketa Pilkada. Yang saya bahas aturan yang dilangkahi oleh KPU itu sendiri,” tegasnya.

Leave a Reply