linux.
linux.

Mengenal Linux

Linux adalah salah satu OS (Operating Sytem) yang menganut sistem UNIX yang menggunakan model pengembangan, serta distribusi software secara gratis, maupun biasa Anda kenal dengan sebutan open source. Sama halnya dengan aplikasi open source lainnya, Linux juga dapat dikembangkan dan di distribusikan secara gratis. Hal ini merupakan salah satu daya tarik dari OS ini.

Linux sendiri mungkin kurang familiar apabila dibandingkan dengan Windows maupun Macintosh. Hal tersebut sangat wajar karena pengguna Linux merupakan orang-orang dengan jumlah presentase yang sangat sedikit, yaitu betapa sedikitnya pengguna Linux yang hanya 1,5% apabila dibandingkan dengan Macintosh sebanyak 11%, serta Windows malah lebih dari 85%.

Selain itu, Linux juga OS yang handal nan tangguh, meskipun Anda tidak membutuhkan biaya untuk memakainya. Linux lebih terbukti stabil dan jarang terdapat permasalahan yang umum, misalnya proses yang melambat, terkena virus maupun malware, dan lain-lain. Jadi, Anda akan jarang mendapat masalah-masalah pada OS ini. Versi dari Linux sendiri lebih dikenal dengan istilah distributions, atau biasanya disingkat dengan distro.

Linux ini memiliki sejumlah versi yang berbeda, serta dapat memenuhi kebutuhan dari para pengguna yang tentunya akan berbeda-beda pula. Mulai dari para pengguna baru sampai pengguna lama dapat mendapatkan versi Linux yang disesuaikan dengan kebutuhan. Saat ini, hampir semua versi Linux dapat diunduh secara gratis dan dipasang di mana saja sesuai dengan keinginan Anda.

Apa Itu Linux?

Saat ini, perkembangan teknologi komputer diikuti dengan ketersediaan sistem operasi yang juga semakin beragam. Misalnya sistem operasi yang populer yaitu Microsoft Windows, Linux, serta MacOS. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasannya. Anda akan mengetahui pengertian dari linux dari penjelasan, di bawah ini.

Pengertian Linux adalah sebuah sistem operasi yang berbasis Unix, yang telah disebarluaskan kepada masyarakat secara gratis dan berada di bawah naungan lisensi GNU General Public License (GPL). Hal ini berarti Linux telah didistribusikan dengan source code-nya. Ketersediaan dari akses kode sumber ini, akan memungkinkan para pengguna untuk memodifikasi sistem operasi ini yang kemudian dapat Anda gunakan dan distribusikan kembali secara bebas.

Perbedaan yang paling utama antara sistem operasi lain dengan sistem operasi Linux terletak pada kernel Linux, serta komponen-komponen yang menyusunnya yang dapat Anda akses secara bebas dan terbuka. Selain linux, masih terdapat beberapa sistem operasi lain yang sama. Akan tetapi, Linux merupakan contoh terbaik dan sistem operasi open source yang telah banyak digunakan.

Leave a Reply