Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana saat menghadiri acara adat Tulude di Kecamatan Nusa Tabukan, Rabu 27 Februari 2019.
Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana saat menghadiri acara adat Tulude di Kecamatan Nusa Tabukan, Rabu 27 Februari 2019.

31 Januari, Tulude Hanya di Sangihe

TAHUNA, publikreport.com – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe akan menggelar upacara adat Tulude di Tahuna. Khusus gelaran Tulude ini hanya di Sanighe pada 31 Januari 2020. Sedangkan daerah lain akan menggelar Tulude, dimana jadualnya bisa sebelum atau sesudah 31 Januari 2020.

“Mengapa tanggal 31 Januari Tulude difokuskan di Sangihe? Ini karena Sangihe merupakan kabupaten induk di wilayah Nusa Utara. Daerah lain dapat menyesuaikan pada tanggal yang lain,” jelas Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana.

Lokasi pelaksanaan Tulude yang sebelumnya digilir di wilayah kecamatan, menurut Jabes, kali ini difokuskan di halaman rumah dinas bupati, lapangan Gelora Santiago Tahuna Timur.

“Tulude tahun ini kita laksanakan di Tahuna,” tegasnya.

BACA JUGA: Tulude Jadi Modal Pemkab Sangihe

BACA JUGA: Miliki Tulude, Wagub: Warga Nusa Utara Harus Bangga

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah (Dindikbudda) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Djoli Mandak mengatakan, pihaknya akan melibatkan 700 pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-’Kota’ Tahuna. Hal ini telah dikoordinasikannya dengan masing-masing sekolah.

“Kalau tahun lalu yang menjadi penanda ratusan peniup musik bambu, HUT Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe ke-595 kali ini penanda konfiguranya 600 siswa SD ditambah 100 siswa SMP,” katanya. | VEBE

Leave a Reply